Nasional

3 Petugas Lapas Tangerang jadi Tersangka, Menkumham Yasonna Serahkan Pada Polisi

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly. (HENDRA EKA/JAWA POS)

batampos.id – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum, terkait penetapan tiga petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang sebagai tersangka. Dia mengaku, pihaknya sampai saat ini masih fokus terhadap pemulihan keluarga korban.

“Ya biarkan saja proses hukum berjalan. Kita tunggu polisinya,” kata Yasonna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/9).

Politikus PDI Perjuangan ini menyampaikan, pihaknya saat ini masih fokus untuk memperbaiki situasi yang ada pasca kebakaran melanda Lapas Kelas I Tangerang. Seperti halnya membentuk tim psikolog guna membantu korban yang selamat.

“Kita sedang membentuk tim psikolog untuk membantu korban-korban ini karena traumanya berat ya itu kita lakukan. (Korban meninggal) 48 sudah dikembalikan ke keluarga, dikebumikan, semua kita tanggung biayanya termasuk santunan kita sudah dibayar,” ucap Yasonna.

“Tinggal satu WNA sekarang yang belum. Kita tunggu bagaimana dari negara yang bersangkutan di Nigeria kalau mereka katakan kubur di sini atau kremasi kita akan lakukan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menetapkan tiga pihak sebagai tersangka dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Tetapi Polri enggan membeberkan identitas tiga petugas Lapas yang ditetapkan sebagai tersangka itu.

“Tadi pagi gelar perkara untuk menentukan tersangka. Jadi ada tiga tersangka disini,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/9) kemarin.

“Tiga tersangka kesemuanya ini adalah pegawai lapas yang bekerja pada saat itu, berdasarkan gelar perkara ditetapkan tiga orang tersangka,” pungkas Yusri. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim