Bintan-Pinang

Ade Angga Pimpin Kadin Kota Tanjungpinang

Penyerahan bendera Kadin Tanjungpinang kepada ketua terpilih, Ade Angga, Senin (20/9).f. Kadin

batampos.id- Ade Angga terpilih sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang periode 2021-2026 dalam Musyawarah Kota (Muskot) Kadin Kota Tanjungpinang, Senin (20/9) kemarin. Sebelum terpilih secara aklamasi dalam Muskot itu, Ade Angga diamanatkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Kadin Kota Tanjungpinang mengisi kekosongan kepengurusan Kadin periode sebelumnya.

BACA JUGA: Kadin dan TNI-Polri Luncurkan Mobil Vaksin Keliling

Ade Angga mengatakan, setelah ditetapkan sebagai ketua terpilih dirinya akan membentuk kepengurusan yang baru dengan menghimpun seluruh anggota yang lama dalam menentukan program kerja Kadin Kota Tanjungpinang untuk lima tahun kedepan.

“Terus terang, karena Kadin ini sudah lama vakum, maka memang kedepan kami harapkan kita bersama-sama melaksanakan konsolidasi internal,” kata Ade Angga, Selasa (21/9).

Tidak hanya itu, Ade Angga menyebutkan pihaknya akan memperkenalkan kembali Kadin ke seluruh perusahaan yang ada di ibu kota Provinsi Kepri. Kadin juga akan menjembatani aspirasi dari dunia usaha kepada pemerintah dan sebaliknya agar program pemerintah untuk dunia usaha bisa terealisasi.

“Di masa pandemi ini, kita berharap Kadin menjadi wadah yang aktif untuk menjembatani program-program pemerintah agar tercapai atau dinikmati oleh para pengusaha atau dunia usaha, terlebih anggota-anggota Kadin yang ada,” ujarnya.

Mantan Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang itu menjelaskan saat ini Pemprov Kepri melaksanakan program pinjaman tunai tanpa bunga serta program stimulus lainnya, hal itu harus disambut oleh Kadin Kota Tanjungpinang.

“Bagaimana kita bergerak aktif menjembatani program-program itu agar bisa sampai ke pelaku-pelaku atau dunia usaha, khususnya di Tanjungpinang,” terangnya.

Setelah pelantikan kepengurusan Kadin Kota Tanjungpinang yang baru, mantan Ketua DPD Partai Golkar Tanjungpinang itu berencana akan membuat terobosan yang berdampak pada pemulihan ekonomi di Kota Tanjungpinang.

“Nah, kita lihat Kota Tanjungpinang ini sebagai kota yang sangat terdampak covid-19, karena sumber perekonomian itu sangat tergantung pada pariwisata, jasa yang di dalamnya ada perhotelan dan sebagainya,” katanya.

Sebagai stakeholder paling penting dalam dunia usaha yaitu pemerintah, makanya Kadin Kota Tanjungpinang akan mendorong pemerintah untuk memberikan terobosan yang bisa berdampak langsung ke masyarakat.

“Peran Kadin sangat penting dalam pemulihan ekonomi, terutama menghimpun kekuatan dunia usaha yang mungkin sekarang masih terserak-serak, kita himpun dalam kekuatan bersama,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan Kadin Kepri, Martin Tandi Rura berharap, Kadin Kota Tanjungpinang dengan kepengurusan yang baru bisa menjadi wadah bagi pengusaha di Tanjungpinang.

“Harapan kita agar Kadin Kota Tanjungpinang terus membangun komunikasi antara sesama pengusaha, pengusaha dengan pemerintah soal bagaimana mengambil langkah-langkah kebijakan ekonomi daerah,” harapnya

Pada masa pandemi covid-19, lanjut, Martin, diharapkan para pengusaha diberikan kemudahan dengan berbagai relaksasi-relaksasi dari pemerintah daerah serta piha lainnya. “Relaksasi kebijakan dari perbankan, relaksasi dari pemerintah Kota Tanjungpinang, agar pengusaha bisa menjalankan usahanya meski dalam situasi pandemi,” tuturnya. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul