Bintan-Pinang

Evakuasi Sarang Lebah Madu, Petugas Damkar Tanjunguban Temukan Sarang Tawon

Sejumlah petugas Damkar Tanjunguban mengevakuasi sarang lebah madu dan tawon di jalan Yos Sudarso, Tanjunguban, Bintan pada Selasa (21/9) siang. F.Slamet Nofasusanto

batampos.id– Petugas Damkar Tanjunguban mengevakuasi sarang lebah madu dan tawon vespa di jalan Yos Sudarso, Tanjunguban, Bintan pada Selasa (21/9) siang.

BACA JUGA: Bersihkan Semak, Warga Teluk Sasah, Bintan Temukan Sarang Tawon Vespa

Kepala UPT Damkar Tanjunguban, Marsadi melalui Kasubbag TU, Panyodi mengatakan, semula warga melihat sekelompok lebah madu beterbangan di sekitar rumah.

“Siangnya baru diketahui lebah madu bersarang di pohon mangga, lalu warga melaporkan ke kita,” katanya. Panyodi mengatakan, posisi sarang lebah madu sangat rendah dan dekat dengan jalan raya.

“Waktu melapor ke kami, warga merasa takut kalau-kalau sekelompok lebah di sana menyakiti anak-anak yang sedang bermain,” katanya. Selain itu, sarang lebah madu dekat pemukiman padat penduduk dan cucian motor.

Panyodi mengatakan, saat akan mengevakuasi sarang lebah madu, petugas melihat sarang tawon. Semula petugas mengevakuasi sarang lebah madu dan memasukkan ke dalam sarung.

“Kalau sarang tawon karena lebih tinggi, jadi kami bakar,” katanya. Setelah dievakuasi, Panyodi mengatakan, sisa sarang tawon dan lebah madu dibawa ke kantor.

“Yang sarang lebah madu kita kembalikan ke hutan, kalau sarang tawon kita membuangnya ke tempat pembuangan sampah,” katanya.

Panyodi mengimbau masyarakat yang melihat hewan liar kalau dirasa membahayakan keselamatan masyarakat agar segera melaporkan dengan menghubungi nomor kantor Damkar di 07714651295. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul