Bintan-Pinang

Puskesmas Toapaya Jemput Bola Vaksinasi Covid-19 dari Desa ke Desa

Seorang warga menerima vaksinasi covid-19 yang digelar Puskesmas Toapaya di Kecamatan Toapaya, Selasa (21/9). F.Slamet Nofasusanto

batampos.id– Puskesmas Toapaya melakukan aksi jemput bola vaksinasi covid-19 dari desa ke desa. Kepala Puskesmas Toapaya, Burhan mengatakan, aksi jemput bola vaksinasi covid-19 dari desa ke desa dilakukan untuk meningkatkan pencapaian vaksinasi dosis kedua.

BACA JUGA: Puluhan Santri Ponpes Al Insan, Toapaya Terpapar, Kapolres: Mudah-Mudahan Tidak Menyebar

Soalnya, masyarakat yang menerima vaksinasi dosis kedua masih rendah dibanding masyarakat yang menerima vaksinasi dosis pertama.

Sejauh ini sekitar 75 persen masyarakat telah menerima vaksinasi dosis pertama, sedangkan masyarakat yang menerima dosis kedua sekira 40 persen.

Selain itu, masih kata Burhan, aksi jemput bola vaksinasi dari desa ke desa dilakukan untuk memudahkan masyarakat desa mendapatkan layanan vaksinasi covid-19.

“Terutama masyarakat lanjut usia (lansia),” ujarnya. Disinggung faktor masih rendahnya pencapaian vaksin dosis kedua?

Menurut Burhan, salah satu faktornya karena masyarakat yang menerima vaksin dosis pertama mengalami berbagai gejala seperti demam sehingga membuat mereka tidak mau lagi menerima vaksin dosis kedua.

Di samping itu, masih menurut Burhan, masih ada masyarakat berpendapat cukup menerima vaksin dosis pertama sebagai salah satu syarat untuk bepergian.

Terkait hal ini, Burhan mengatakan, puskesmas terus-menerus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mau divaksin karena dengan divaksin bisa meningkatkan herd immunity.

Oleh karena itu, Burhan mengajak masyarakat untuk mendatangi pusat kesehatan masyarakat atau posko layanan vaksinasi di desa. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul