Bintan-Pinang

Ronny: Makin Semangat Kembangkan Peran Posyantek di Bintan

Kadis PMD Bintan, Ronny Kartika (kiri) dan Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Kepri, Drs Sardison, MTP (kanan) usai menerima penghargaan lomba Teknologi Tepat Guna tahun 2021 yang diserahkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Dr. Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd di Jakarta, Senin (20/9) pagi. F.Diskominfo Bintan

batampos.id– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, Ronny Kartika mengatakan, pihaknya akan lebih semangat lagi dalam mengembangkan peran posyantek dalam pemberdayaan masyarakat desa ke depan.

BACA JUGA: Posyantek Teluk Bakau, Bintan Raih Juara III Nasional

Hal ini dikatakan Ronny usai Posyantek Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan mewakili Provinsi Kepri meraih juara 3 nasional sebagai Posyantek Terbaik Tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2021.

Ronny bersyukur Bintan keluar sebagai juara 3 nasional. Menurutnya, ini prestasi yang membanggakan bagi kita semua.

Terpilihnya Posyantek Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, menurutnya, karena sukses dalam merangkul beberapa pihak, hingga akhirnya menghasilkan produk ulat maggot.

Dia menjelaskan, produk ulat maggot merupakan pakan alternatif yang tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan, namun juga pakan ternak serta pupuk organik bagiĀ  pertanian.

Menurutnya, usaha ulat maggot tersebut juga cukup menjanjikan dimana dari 1 kilogram sampah organik, dapat menghasilkan setengah kilogram ulat maggot.

“Per kilogram ulat maggot tersebut juga dijual seharga Rp 10 ribu kepada para pelaku usaha ternak mulai dari ternak ikan air tawar, hingga untuk pakan burung,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, penghargaan tersebut diterima oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad yang diwakili Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Kepri, Drs Sardison, MTP dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Dr. Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd di Jakarta, Senin (20/9) pagi.

Untuk diketahui, Juara 1 Nasional diraih oleh Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) dari Jawa Barat dan juara 2 Nasional diraih oleh Posyantek dari Jawa Tengah. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul