Metropolis

Sambut Belajar Tatap Muka, Sekolah Memperketat Penerapan Protkes

 

batampos.id – Beberapa sekolah bersiap menggelar belajar tatap muka di kelas. Berbagai persiapan sudah dilaksanakan mulai dari penyediaan sarana dan prasaran dalam mendukung protokol kesehatan (protkes) pencegahan Covid-19.

F. Dalil Harahap/Batam Pos
Murid SD berjalan di tangga jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang, Batuaji, Selasa (4/5) lalu. Beberapa sekolah bersiap menggelar belajar tatap muka di sekolah.

Kepala SMPN 3 Batam, Wiwiek Darwiyanti, mengatakan, kesiapan sudah berjalan 90 persen. Untuk sarana dan prasaran sudah siap, termasuk kelas yang akan digunakan untuk belajar. Tempat duduk diatur senyaman mungkin, agar tidak berdekatan maupun berpotensi terjadi kerumunan para siswa.

”Sudah disiapkan semuanya. Tinggal jalan saja lagi,” katanya, Senin (20/9/2021).

Sekolah juga menjaga dan memastikan siswa menjalankan protkes seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M) dengan baik. Saat datang ke sekolah, siswa dipastikan mengenakan masker serta membawa bekal makanan sendiri. Setelah tiba di sekolah, ada pengecekan suhu dan diarahkan untuk mencuci tangan.

”Jadi kami ingin semua nyaman dan Orangtua juga tidak merasa khawatir saat melepas anak ke sekolah,” imbuhnya.

Selama ini, pihaknya juga selalu mengedukasi tenaga guru, orangtua, dan siswa untuk selalu konsisten menjaga protokol kesehatan di mana pun berada, termasuk di rumah.

”Kami wanti-wanti itu soal pakai masker. Jadi, walaupun tidak berada di sekolah tetap harus jaga protkesnya,” ujarnya.

Rencananya, sekolah tatap muka akan digelar dua sif. Untuk kelas 8 dan 9, sudah diminta surat persetujuannya. Sedangkan untuk kelas 7, masih dalam proses.

”Kalau tidak ada kendala kami siap laksanakan Minggu depan,” katanya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, belajar tatap muka sudah mulai berjalan pekan ini. Beberapa sekolah mulai kembali tatap muka besok Selasa (21/9). Berbagai persiapan sudah hampir rampung semua.

”Tadi (kemarin) saya telepon Kadisdik (Kepala Dinas Pendidikan) Batam, katanya sudah ada yang final, dan besok (hari ini) sudah mulai. Intinya, protkes dijaga,” imbuhnya. (*)

 

Reporter : YULITAVIA / EUSEBIUS SARA
Editor : RATNA IRTATIK