Ekonomi & Bisnis

Pemerintah Terus Memberikan Stimulus ke UMKM

batampos.id – Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak terlepas dari kegiatan ekonomi masyarakat, termasuk melalui aktivitas perdagangan. Pemerintah terus memberikan stimulus usaha, terutama ke sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sekaligus mendorong kepercayaan konsumen dalam bertransaksi.

Salah satu upayanya adalah gerakan masyarakat melek metrologi, peduli ukuran, takaran, dan timbangan.

Peran metrologi legal sangat besar untuk perlindungan konsumen dan tertib niaga. Selain itu, tertib ukur mendorong pemulihan ekonomi dengan cara meningkatkan daya beli konsumen karena konsumen percaya dan yakin dalam bertransaksi.

Kementerian Perdagangan memperkirakan ada 10.548 pasar di Indonesia dengan sekitar 1,4 juta pedagang yang menggunakan alat ukur, alat takar, dan alat timbang dalam transaksi. Namun, tidak semua alat ukur itu tidak akurat karena tidak ditera ulang, berkarat, dudukannya miring, atau menggunakan alat ukur yang tidak layak.

Selain itu, terdapat 3 juta unit alat ukur massal seperti meter listrik, meter air, dan meter gas yang harus ditera ulang setiap tahun. Karena itu, diperlukan langkah untuk mendorong pelayanan tera dan tera ulang, penguatan pengawasan metrologi legal, serta edukasi untuk meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dan pemahaman masyarakat di bidang metrologi legal.

BACA JUGA: Ayo Manfaatkan Kesempatan, Pelaku UMKM Bisa Ajukan Pinjaman Dana di Bank RiauKepri, Bunga Ditanggung Pemerintah

Upaya tersebut antara lain dilakukan Kementerian Perdagangan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Bank Rakyat Indonesia, dan Jawa Pos melalui webinar melek metrologi yang dilaksanakan Selasa (21/9) mulai pukul 14.00.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi akan memberikan keynote speech dalam webinar itu. Di sisi lain, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggrijono, serta Wakil Ketua Umum PBNU M. Maksum Machfoedz bertindak sebagai pembicara. Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dan Dirut PT Jawa Pos Koran Leak Kustiyo juga akan memberikan materi terkait metrologi legal dalam webinar hari ini.

Webinar yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan itu dapat diikuti secara gratis melalui link http://bit.ly/Registrasi WebinarJPKemendag2021, live streaming di jawapos.com, dan YouTube @jawapos. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung