Bintan-Pinang

Pengembangan Kapasitas P4GN di Komunitas dan Lembaga Adat Kelurahan

BNN Kota Tanjungpinang beri penyuluhan kepada lembaga adat dan komunitas berbasis kearifan lokal, Rabu (22/9) . F. Per Irawan

batampos.id– Upaya pengembangan kapasitas pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika (P4GN), Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Tanjungpinang berikan penyuluhan kepada lembaga adat dan komunitas berbasis kearifan lokal.

Kepala BNN Kota Tanjungpinang, Sazili menjelaskan penyuluhan itu diberikan kepada dua kelurahan yang masuk ke zona bersih narkoba (Bersinar) yaitu Kelurahan Tanjungpinang Barat dan Penyengat. Pesertanya para tokoh dari komunitas dan lembaga ada di kelurahan,” Kata Sazili, Rabu (22/9).

Para tokoh dan anggota komunitas itu, dijelaskan Sazili akan menjadi penggiat di organisasinya masing-masing untuk menyampaikan program P4GN sebagai perpanjangan tangan dari BNN Kota Tanjungpinang agar rencana aksi nasional itu sampai ke semua masyarakat.

“Mereka akan jadi perpanjangan tangan BNN untuk ke depannya dalam mengkampanyekan P4GN,” ujarnya. Ia menyebutkan 20 peserta itu akan dibekali materi tentang aspek hukum jika terjadi penyalahgunaan narkotika, kebijakan BNN hingga materi tentang rehabilitas untuk para pecandu.

“Kita berharap ini bisa terlaksana dengan baik setelah mengikuti penyuluhan ini, minimal di lingkungan komunitasnya,” harapnya.

Kegiatan itu sudah direncanakan sejak lama, namun karena kondisi pandemi covid-19 yang mengalami lonjakan kasus cukup signifikan beberapa waktu lalu sehingga baru dapat digelar dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) dengan ketat. “Sekarang sudah ada kelonggaran makanya bisa kita bisa laksanakan, semoga selalu terjaga prokesnya sampai acara ini selesai,” ujarnya. (*)

 

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul