Home

Prodi S2 Bidang Pariwisata Pertama di Kepri, hanya di Batam Tourism Polytechnic

 

batampos.id – Kampus Batam Tourism Polytechnic resmi membuka Prodi S2 Bidang Pariwisata yang pertama di Kepri sejak tahun 2020 lalu. Program S2 Magister Terapan Pariwisata Program Studi Perencanaan & Pengembangan Pariwisata Politeknik Pariwisata Batam sudah memulai perkuliahan angkatan I untuk perkuliahan Tahun Ajaran 2020–2021 pada 18 Oktober 2020.

Mahasiswa Batam Tourism Polytechnic kala diwisuda.

Hal ini sesuai adanya izin penyelenggaraan program studi dari pejabat yang berwenang yakni Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 531/M/2020 Tertanggal 15 Mei 2020 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Program Magister Terapan Pada Politeknik Pariwisata Batam di Kota Batam yang diselenggarakan oleh Yayasan Vitka merupakan prodi S2 bidang pariwisata pertama di Kepulauan Riau.

Pandemi Covid-19 sudah memukul sektor pariwisata di seluruh dunia, tak terkecuali di Kepulauan Riau (Kepri). Kendati demikian hal tersebut tidak menyurutkan niat dan keinginan 16 mahasiswa angkatan pertama untuk menyelesaikan studi merek.

Direktur BTP M. Nur Nasution mengatakan dengan penerapan sistem belajar online, seluruh mahasiswa tetap konsisten dalam menempuh S2. Mahasiswa berasal dari Tanjungpinang, Bintan, Batam dan Lingga, dan memiliki latar belakang profesi mulai dari praktisi dunia industri, dosen/akademisi, penggiat sosial kemasyarakatan hingga ASN. Dengan latar belakang pendidikan yang beragam.

Mahasiswa Angkatan I yang saat ini baru saja menyelesaikan perkuliahan semester genap ( II ) telah merasakan manfaat proses pembelajaran Program S2 Magister Terapan Pariwisata terutama dalam bidang perencanaan dan pengembangan kepariwisataan.

Harapan untuk mengakselerasi kemampuan lulusan dengan pengetahuan dan manajemen yang inovatif dalam bidang perencanaan dan pengembangan pariwisata dengan mewujudkan sinergitas keilmuan pariwisata, teknologi dan bisnis yang berintegrasi dengan industri, masyarakat dan pemerintah merupakan fokus pembelajaran yang diisi oleh dosen-dosen berkualitas dan berkaliber nasional.

Tahun ini, angkatan ke II untuk perkuliahan Tahun Ajaran 2021-2022 akan dimulai pada bulan Oktober 2021. Politeknik Pariwisata Batam atau lebih dikenal dengan Batam Tourism Polytechnic sendiri memiliki komitmen untuk menjadikan Prodi S2 ini sebagai pionir program studi magister terapan perencanaan dan pengembangan pariwisata di Asia Tenggara . Komitmen tersebut terus diwujudkan dengan perencanaan lanjutan untuk membuka program Doktoral ( S3 ) di bidang vokasi.

Metode blended learning yakni online dan tatap muka mata kuliah mencakupi teori, praktikum dan kuliah lapangan lulusan Magister S2 diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten, inovatif, bermoral, dan berjiwa kewirausahaan yang profesional dalam merencanakan dan mengembangkan kepariwisataan di pasar nasional dan pasar global.

Memiliki fokus terhadap memfasilitasi perencanaan dan pengembangan wirausahawan yang berwawasan entrepreneur dan intraprenur dalam bidang perencanaan dan pengembangan kepariwisataan serta tentu saja dengan membangun suasana akademis di kalangan sivitas akademika yang memungkinkan terjadinya produktivitas.

Saat ini Angkatan I telah menyelesaikan Semester Genap ( II ) terlibat secara aktif dalam beberapa kegiatan webinar, FGD dan riset terapan di bidang Kepariwisataan. Kolaborasi secara sinergis sebagai pembicara (Narasumber ) serta konsultan dan tenaga ahli di bidang kepariwisataan baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun di tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

BTP Menjawab Tantangan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Kepri

Mengingat perkembangan Provinsi Kepulauan Riau di bidang Kepariwisataan saat ini serta dalam rangka mengoptimalisasikan rencana strategis pembangunan kepariwisataan, dan sinkronisasi dengan RPJMD dan RPJPD Kepariwisataan Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Prodi S2 Magister Terapan Pariwisata Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Politeknik Pariwisata Batam ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mempersiapkan SDM unggulan di bidang perencanaan dan pengembangan pariwisata.

Melibatkan sinergi pemerintah antara lain
Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif sebagai leading sector optimalisasi pengembangan wisata budaya, agrowisata dan wisata bahari Kabupaten /Kota dan provinsi Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian (Barenlitbang), Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan terhadap RTRW Kawasan Pariwisata Kabupaten/Kota dan provinsi, Dinas Kelautan dan Perikanan untuk perencanaan & konsep wisata bahari/kemaritiman Kabupaten /Kota dan provinsi, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah untuk peningkatan daya tarik usaha penunjang pariwisata seperti produk oleh-oleh, kuliner dan lainnya. Dinas Komunikasi Informatika sebagai marketing center promosi kepariwisataan Kabupaten /Kota dan provinsi

Suatu perencanaan dan pengembangan blue print dan road map pembangunan Kepariwisataan Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten/Kota dapat disinergikan dengan pemerintah pusat melalui lintas Kementrian dan Instansi struktural, serta sebagai alat koordinasi sinkronisasi pelaksanaan pembangunan di bidang pariwisata atau semua pihak termasuk pihak swasta atau dunia industri.

Dengan mata kuliah unggulan antara lain, Dasar – dasar kebijakan perencanaan & pengembangan wisata. Metode riset pariwisata, Perencanaan & pengembangan destinasi pariwisata, Kreatifitas & inovasi produk pariwisata & hospitality, Tren & isu pariwisata global, Manajemen resiko bidang pariwisata & hospitality, Analisis & strategi bisnis pariwisata , Manajemen pemasaran pariwisata & hospitaliti., Manajemen SDM pariwisata & hospitaliti.dan Manajemen pariwisata bahari yang merupakan mata kuliah unggulan. Pada Semester lanjut mahasiswa akan memperoleh mata kuliah Spesialisasi proyek bisnis pariwisata.

Sert la dosen-dosen pilihan yang mumpuni dan memiliki pengalaman dalam perencanaan dan pengembangan kepariwisataan serta Memfasilitasi perencanaan dan pengembangan wirausahawan yang berwawasan entrepreneur dan intraprenur dalam bidang perencanaan dan pengembangan kepariwisataan maka Prodi S2 diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh dunia kepariwisataan saat ini. (*)

 

 

 

Reporter : YULITAVIA