Internasional

Amerika Serikat Sumbang Lagi 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Ilustrasi sumbangan vaksin dari negara luar tiba di Indonesia. (F Kominfo via JPG)

batampos.id – Amerika Serikat (AS) akan menyumbangkan 500 juta dosis vaksin Covid-19 ke berbagai negara miskin di dunia. Kebijakan ini dipilih setelah AS mendapat tekanan dari sejumlah pihak supaya berbagai pasokan vaksinnya.

Sebagai tuan rumah pertemuan puncak virtual yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat vaksinasi global yang tengah berlangsung saat ini, Pemerintahan oe Biden ingin menunjukkan bahwa dia memimpin dengan memberi contoh baik bagi negara-negara di dunia.

“Mengalahkan pandemi, kita harus menumpasnya dari segala arah,” ujar Biden memulai KTT seperti dikutip dari AS-Asia Pacific Media Hub, Kamis (23/9/2021).

KTT ini diikuti para pemimpin negara-negara maju di dunia, seperti Kanada, Indonesia, Afrika Selatan, dan Inggris. Juga tamu kehormatan dari kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Dalam pidatonya, Tedros menyebutkan, pandemi ini merupakan krisis terparah yang melanda dunia sejak akhir 2019. Hingga kini, sedikitnya, 4.913.000 jiwa warga dunia tewas.

Dalam sumbangan vaksin kali ini, AS telah menyumbangkan lebih dari 1,1 miliar dosis vaksin ke berbagai negara di dunia. Meskipun jumlahnya masih jauh dari dosis 6 miliar yang dibutuhkan negara-negara miskin.

Vaksin dari Pfizer Inc dan BioNTech SE akan dibuat di Amerika Serikat dan dikirim ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah mulai Januari 2022 mendatang.

“Ini adalah komitmen besar AS. Bahkan untuk setiap satu dosis vaksin yang kami berikan di negara ini hingga saat ini, kami sekarang menyumbangkan tiga dosis vaksin ke negara lain,” ujar Juru Bicara Gedung Putih. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak/Jpg
Editor: Tunggul Manurung