Nasional

Honda Luncurkan All New Honda BR-V

Tampil Beda dengan Teknologi Terbaru

All New Honda BR-V generasi kedua diluncurkan, Rabu (21/9). Honda BR-V New 7 Seater eXcitement (N7X) Concept ini, hadir dengan tampilan baru yang benar-benar berbeda dari model sebelumnya dengan fitur-fitur berteknologi canggih. (PT Honda Prospect Motor)

batampos.id – PT Honda Prospect Motor memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua dalam acara peluncuran virtual, Rabu (21/9). Generasi kedua Honda BR-V ini hadir dengan tampilan baru yang benar-benar berbeda dari model sebelumnya. Juga berbagai teknologi canggih disematkan dan belum ada di generasi pendahulunya. Harganya, mulai Rp 260 juta.

”Untuk mengembangkan generasi kedua dari Honda BR-V, Honda melakukan studi panjang dan mendalam untuk menangkap kebutuhan serta kebiasaan berkendara dari konsumen mobil SUV berkapasitas 7 penumpang,” ujar Manager Regional I PT Prospect Motor (Main Dealer Honda Outside Java), Anne Margaret.

Sebelum diproduksi secara massal, lanjut Anne, Honda mengembangkan model konsep yang disebut sebagai New 7 Seater eXcitement (N7X) untuk menangkap masukan konsumen mengenai konsep yang menjadi cikal bakal generasi kedua dari Honda BR-V.

Anne melanjutkan, setelah dipamerkan di berbagai daerah di Indonesia, N7X Concept mendapatkan sambutan yang sangat positif dari konsumen yang kemudian menjadi dasar pengembangan All New Honda BR-V.

Seperti konsep pengembangan awalnya, All New Honda BR-V dirancang untuk memadukan desain dan ketangguhan dari sebuah SUV. Mulai dari kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV, sampai performa berkendara menyenangkan, dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda.

Sementara, berbagai fitur dan teknologi yang pertama kali hadir pada All New Honda BR-V, di antaranya Honda SENSINGTM, Honda LaneWatchTM, Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, dan Smart Entry System yang telah dikembangkan untuk menciptakan sebuah definisi baru dalam pengalaman berkendara untuk sebuah LSUV 7-seater di kelasnya.

Tampilan eksterior All New Honda BR-V menghadirkan bentuk bodi yang dinamis, dengan garis bodi tegas yang menyatu dari depan hingga ke bagian belakang bodi. Dari sisi depan, All New Honda BR-V memiliki tampilan yang agresif dan sporty layaknya sebuah SUV kelas atas.

”All New Honda BR-V menampilkan desain baru LED Headlamp yang dilengkapi LED Daytime Running Light yang menyatu dengan grille depan. Pada sisi belakang, All New Honda BR-V juga mengusung desain baru pada Rear Combi Lamp yang dilengkapi dengan LED Light Bars dirancang menyatu dengan garis bodi,” ucapnya lagi.

Sementara, kesan tangguh dari sebuah SUV semakin kuat dengan desain velg 17” baru yang lebih agresif. All New Honda BR-V menawarkan area kokpit yang dirancang dengan baik untuk memberikan ruang yang nyaman dan lapang bagi pengemudi dan penumpang, dilengkapi dengan 1st Row Console Armrest dan 2nd Row Seat Armrest agar penumpang di setiap baris dapat semakin menikmati pengalaman berkendara.

”All New Honda BR-V juga menambah jumlah Power Outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya yang terletak di area konsol depan, di kursi baris kedua dan ketiga yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat dengan daya hingga 12 V,” tambahnya.

Sementara itu, General Manager Regional I PT Prospect Motor (Main Dealer Honda Outside Java), Nukman Hung Lim mengatakan, kenyamanan mengendarai All New Honda BR-V juga didukung layar 4.2” Thin-Film Transistor (TFT) Display pada dashboard untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara seperti fungsi Honda SENSINGTM.

Kemudian, rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar, yang dipadukan dengan sistem audio video baru dengan layar sentuh 7” yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

Penggunaan lapisan berbahan kulit pada All New Honda BR-V juga telah ditambahkan di dalam kabin, termasuk pada sandaran tangan dan sisi pintu serta panel dashboard. Ruang penyimpanan All New Honda BR-V yang luas kini semakin fleksibel untuk meningkatkan kegunaannya. Di antaranya, sandaran tangan baru, penyimpanan benda-benda kecil, tempat cangkir di area konsol, pelindung matahari dengan kaca rias dan lampu, kompartemen penyimpanan dengan banyak kantong di belakang kursi penumpang depan, 8 tempat botol air dan kursi baris ketiga yang dapat dilipat hingga 50/50.

”All New Honda BR-V mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbaharui untuk menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 N.m pada 4.300 rpm, yang bertenaga dan tetap nyaman untuk berkendara di berbagai kondisi jalan,” bebernya.

Selain itu, mesin yang telah disempurnakan juga didukung sistem transmisi CVT yang baru, menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dan performa yang lebih bertenaga sekalgus ramah lingkungan dengan standar emisi sesuai standar EURO 4.

All New Honda BR-V juga dilengkapi fitur-fitur canggih seperti Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk ke dalam kendaraan.

Fitur lainnya, seperti Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil. Honda LaneWatchTM yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot, Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal dimana spion dapat menutup otomatis ketika mobil terkunci.

Dari segi keselamatan, All New Honda BR-V kini dilengkapi teknologi keselamatan canggih Honda SENSINGTM. Kehadiran teknologi Honda SENSINGTM ini merupakan yang pertama kali bagi model Honda BR-V di Indonesia, setelah sebelumnya disematkan pada mobil-mobil kelas atas seperti New Honda Odyssey, All New Honda Accord dan New Honda CR-V, dan juga merupakan yang pertama untuk seluruh model di kelasnya.

Honda SENSINGTM adalah serangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang dengan memberikan peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan. (*)

Reporter : RIFKI SETIAWAN
Editor : MOHAMMAD TAHANG