ubahlaku

Horee, Bioskop Cinepolis Kembali Buka

syarat yang harus dipenuhi pengunjung untuk bisa nonton, yakni wajib vaksin 2 kali dan memiliki aplikasi PeduliLindung.

batampos.id– Pemerintah Kota Batam akhirnya memberi izin untuk sejumlah tempat hiburan kembali dibuka.  Seperti mulai Kamis (23/9), izin bioskop beroperasi kembali untuk masyarakat umum telah dibuka.

BACA JUGA: Bioskop Kembali Dibuka, Hari Ini

Hal itu sesuai dengan surat edaran Wali Kota Batam nomor 53 tahun 2021, bioskop kembali diizinkan untuk dibuka namun dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satu bioskop di Kota Batam yang telah buka adalah Bioskop Cinepolis yang ada di Mall Botani (MB2) Batamkota.

Cinema Manajer Cinepolis di MB2, Andi Ferdinan S merasa lega atas kembali diizinkan bioskop untuk beroperasi. Hal itu juga setelah pemerintah melakukan tes kelayakan dan syarat untuk pengunjung.

“Beberapa waktu lalu sudah ada surat edaran, namun penjelasaanya tidak spesifik, hanya tempat hiburan saja. Seminggu lalu, asosiasi bioskop Indonesia kembali menyurati pemerintah pusat, dan akhirnya barulah dirinci tempat hiburannya, sehingga kami bisa buka. Sebelum buka juga ada tes kelayakan dan diberi syarat untuk pengunjung. Dan hari ini (kemarin, red) sudah resmi dibuka,” ujar Andi di lobi Cinepolis, Kamis (23/9).

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pengunjung untuk bisa nonton, yakni wajib vaksin 2 kali dan memiliki aplikasi PeduliLindung.  Jika pengunjung tak memiliki aplikasi PeduliLindungi, maka staf di bioskop mengarahkan untuk mengunduh aplikasi tersebut.

“Selain adanya syarat vaksin dan PeduliLindung, pengunjung yang masuj juga diwajibkan memakai masker, cek suhu badan dan memakai hand sanitizer. Protokol Kesehatan memang ketat,” jelasnya.

Untuk proses pemesanan tiket sama. seperti biasanya. Hanya saja, jumlah penonton maksimal di dalam hanya 50 persen, bangku satu pengunjung dengan yang lain diberi jarak. Begitu juga dengan larangan membawa anak dibawah 12 tahun.

“Kami juga dilarang untuk menjual makananan kepada penonton, sebab dikhawatirkan mereka akan membuka masker saat nonton di dalam studio,” tegas Andi.

Dikatakannya, di hari pertama bioskop. Dibuka ada 5 film yang diputar, diantaranya Black Widow, Escape From MogaDishu, Fast N Farious 9, Shang-Chi And The Legend dan The Suicide. Bahkan hingga sebulan ke depan pihaknya memberi promo tiket hanya Rp 25 ribu dari hari Senin-Kamis.

“Dalam minggu ini juga ada Film James Bond terbaru, serta nonton konser Blackpink. Belum terlalu banyak pengunjung karena memang hari pertama dan belum ada sosialisasi dari kami,” terangnya.

Kedepannya, Andi berharap tak ada lagi penuntupan bioskop. Sebab hal, itu sangat berpengaruh terhadap kesejateraan pegawai Cinepolis. Aaplagi sejumlah masyarakat kerap. Kecewa mengetahui adanya penuntupan bioskop. “Jangan sampai tutup lagi, semoga pandemi ini bisa segera berakhir, ” imbuhnya.

Sementara, Promotion events manager MB2, Hellintar membenarkan biokop Cinepolis di MB2 sudah dibuka. Namun menurutnya masih banyak masyarakat yang belum tahu bioskop sudah dibuka. Padahal sebelumnya beberapa pengunjung mal sudah lama menantikan pembukaan bioskop tersebut.

“Sudah banyak yang nanya kapan dibuka, tapi karena pengumumannya mendadak, jadi kemungkinan besok baru agak ramai,” kata dia.

Dengan dibukanya bioskop tersebut, pihaknya mengaku senang dan antusias. Namun menurutnya harus ada beberapa yang perlu dievalusi, seperti kapasitas studio yang hanya diisi 50 persen dari total kapasitas serta larangan makan dan minum di bioskop.

“Bisa dievalusi sedikit, kalau tidak boleh makan dan minum, serta kapasitas hanya 50 persen, takutnya pihak bioskop tidak mampu membayar sewa, tapi apapun itu kami tetap senang bioskop dibuka,” terang Lintar. (*)

Reporter : Yashinta
editor: tunggul