Natuna

Pangkogabwilhan I Nyatakan Wilayah Laut Natuna Aman

Pangkogabwilhan I bersama Bupati Natuna Wan Siswandi serta DPRD Natuna dan unsur Forkopimda.

batampos.id- Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, melaksanakan beberapa agenda di Natuna untuk melakukan pengecekan kesiapan TNI di wilayah Utara, Rabu (22/9/2021) kemarin.

BACA JUGA: Curi Ikan di Laut Natuna, Bakamla Tangkap KIA Vietnam

Setelah seharian melakukan pengecekan kesiapan TNI di beberapa markas komando baik di TNI AD, AU dan AL, malamnya Pangkogabwilhan I dan rombongan mengadakan temu ramah dengan Bupati Natuna, DPRD dan segenap unsur Forkopimda Natuna di Rumah Makan Sisi Basisir.

Dalam sambutanya, Muhammad Ali menyampaikan bahwa, keadaan di Laut Natuna Utara dalam kondisi aman tanpa adanya hal yang dikhawatirkan. Mengenai informasi keberadaan kapal perang cina di Perairan Natuna Utara, dirinya membenarkan hal tersebut dan telah melakukan pemantauan langsung.

Menurutnya, berdasarkan keputusan PBB tentang UNCLOS 1982 memperbolehkan kapal-kapal tersebut berlayar di kawan Laut Natuna Utara selagi masih dalam kawasan zona ekonomi eksklusif.

“Yang terpenting tidak boleh mengambil segala sesuatu yang ada di laut kita atau mengeksploitasi serta mengeksplorasinya,” ungkap Pangkogabwilhan I. Dirinya juga meminta kepada pemerintah daerah Natuna untuk menyampaikan pesan agar nelayan Natuna tidak merasa takut dengan keberadaan Kapal Perang Cina ini.

“Diduga ada kapal perang mereka melakukan survei, tapi itu tetap kita pantau dan terus menjadi pengawasan kami,” tegasnya. Sementara itu Bupari Natuna, Wan Siswandi mengatakan apresiasinya terhadap pengamanan dari TNI yang telah sungguh-sungguh menjaga perairan dan kedaulatan NKRI.

“Pemerintah daerah Natuna sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat, akan mendukung kiprah TNI dan akan memberikan dukungan terbaik dalam mengamankan laut dan kedaulatan NKRI,” Pungkasnya. (*)

Reporter: Sholeh
editor: tunggul