Metropolis

Punya KIA, Dapat Diskon saat Belanja di Edukids

Disdukcapil Kota Batam bekerjasama dengan Edukids. Pemilik KIA kini dapat diskon untuk belanja keperluan sekolah. F.Rengga

batampos.id– Beragam cara terus dilakunan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam di dalam mensukseskan program Kartu Identitas Anak (KIA). Salah satunya menggandeng pusat perlengkapan belajar terlengkap di Batam, Edukids. Dimana, setiap anak yang membeli perlengkapan sekolah akan mendapatkan diskon atau potongan harga.

BACA JUGA: Anak Anda Sudah Memilik KIA?! Disduk Targetkan 30 Persen Anak Punya Kartu Identitas

“Masyarakat bisa mendapatkan potongan harga dengan cukup menunjukkan KIA,” ujar Kepala Disdukcapil Batam, Heryanto usai menekan kerjasama dengan Edukids, Rabu (22/9).

Menurutnya, program diskon ini ditujukan guna mengefektifkan fungsi dan peran para pihak dalam pemanfaatan KIA. Hal ini juga sekaligus mewujudkan komitmen bersama untuk memberikan keringanan bagi anak di Kota Batam dalam memperoleh layanan berupa pemberian diskon harga.

Menurutnya, dalam rangka percepatan capaian kepemilikan KIA dan sebagai dukungan program kota layak anak di Kota Batam. Disdukcapil Kota Batam telah melakukan berbagai upaya salah satunya dengan melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Batam untuk percepatan pemilikan KIA pada Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar.

“Ya ini juga sebagai upaya jemput bola kita, sehingga masyarakat benar-benar mengetahui manfaat dari KIA,” tuturnya. Yang paling penting adalah untuk identitas diri anak. Heryanto mengatakan bahwa saat ini seluruh warga Indonesia, termasuk yang baru lahir, wajib memiliki kartu identitas.

Selanjutnya KIA juga bertujuan untuk melindungi pemenuhan hak anak. Menjamin akses sarana umum. Menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu anak mengalami peristiwa buruk. Memudahkan anak untuk mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi sebagainya.

“Sampai saat ini KIA yang diterbitkan berjumlah 36.596 anak dari 351.291 jumlah anak yang wajib memiliki KIA atau 34,73 dari target nasional,” tutupnya.

Sementara itu Direktur Edukids Jeffri Salam Khoo mengaku, program kerjasama dengan Disdukcapil Batam ini berlaku sejak Rabu (22/9). Diskon yang diberikan pun bervariasi mulai 5 persen hingga 10 persen.

“Untuk semua perlengkapan sekolah. Ini juga bentuk kontribusi kita dalam sukseskan program pemerintah,” ujar Jeffri. Ditambahnya, diskon dan potongan harga ini berlaku di seluruh kantor cabang Edukids di Batam. “Cukup datang dan lihatkan KIA ke kasir akan langsung dapat diskon,” ucapnya. (*)

 

Reporter : Rengga Yuliandra
editor: tunggul