Kepri

DPRD Kepri Peringati Hari Jadi Provinsi Kepri

foto bersama usai paripurna

batampos.id-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri turut memperingati Hari Jadi Provinsi Kepri ke 19 tahun. Kegiatan tersebut dikemas lewat sidang paripurna istimewa, Jumat (24/9) di Kantor DPRD Provinsi Kepri, Tanjungpinang.

BACA JUGA: Pimpin Apel Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepri di Bintan, Roby Matangkan Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat

“Tanggal 24 September adalah merupakan tanggal yang bersejarah dalam pembentukan Provinsi Kepri. Pada tanggal 24 September 2002 sidang Paripurna DPR-RI, menyetujui rancangan undang-undang, pembentukan Provinsi Kepri menjadi Undang-Undang,” ujar Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak dalam pidato Hari Jadi Provinsi Kepri.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak memberi penghargaan kepada Pangkogabwilhan yang mendukung suksesnya vaksinasi di Kepri

Selanjutnya, pada tanggal 25 Oktober 2002, Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri menandatangani UU Nomor 25 Tahun 2002 tentang pembentukan Provinsi Kepri yang menjadi dasar hukum terbentuknya Provinsi Kepri. Berdasarkan hal tersebut, DPRD Provinsi Kepri telah membentuk peraturan daerah tentang penetapan hari jadi Provinsi Kepri pada tanggal 24 September. Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2005.

“Dalam kesempatan yang istimewa ini, di hari jadi Provinsi Kepri yang ke 19, perkenankanlah kami, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada para tokoh pembentukan Provinsi Kepri,” jelas Jumaga.

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada, para pemimpin Provinsi Kepri yang telah membangun tonggak sejarah pembangunan dan pemerintahan di Provinsi Kepri. Yakni para mantan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kita patut bersyukur kepada tuhan yang maha kuasa, hingga sampai dengan usia ke sembilan belas tahun, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Provinsi Kepri, dapat berjalan dengan baik, dan kehidupan bermasyarakat berlangsung aman dan damai,” jelasnya lagi.

Menurut Jumaga, dalam usia ke sembilan belas tahun ini, telah banyak hasil-hasil pembangunan di Provinsi Kepri. Pembangunan yang tidak kalah pentingnya adalah pembangunan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah.

Masih kata Jumaga, keberhasilan pembangunan di Provinsi Kepri, tidak terlepas dari dukungan forum koordinasi pimpinan daerah (forkompinda), yang senantiasa selalu memberikan dukungan, masukan, saran, pendampingan dan turut serta berpartisipasi langsung dalam permasalahan sosial, kesehatan masyarakat dan pembangunan. Pihaknya juga bangga memiliki forkopimda yang selalu kompak dengan sepenuh jiwa mendedikasikan tenaga dan pikiran untuk kemajuan Provinsi Kepri.

“Saat ini kita, masih berjuang menghadapi wabah virus Covid-19, dengan rasa syukur kita telah melalui masa-masa sulit dalam pandemi Covid-19, yang hingga kini telah memasuki tahun kedua, dari status darurat, status PPKM level 4, dan kini status PPKM turun menjadi level 3,” jelasnya.

Tidak bisa dipungkiri, bencana non alam yang dikenal dengan pandemi virus Covid-19, tentu mengancam perekonomian dan bahkan nyawa manusia. Pemerintah pusat telah mencanangkan untuk menurunkan serta memutuskan mata rantai Covid -19, dengan melakukan vaksinasi terhadap masyarakat.

Ditegaskannya, bahwa kehadiran forkopimda dan stakholder lainnya yang telah melakukan vaksinasi, sehingga dengan kerja keras Kapolda dengan motonya “nasi kapau” (vaksinasi menjangkau pulau-pulau), dan Korem juga dengan motonya “gurindam 12”, diikuti dengan vaksinasi oleh Pangkogabwilhan, Kajati, Danlantamal, Kabinda Kepri, dan Lanud serta Apindo, sehingga target vaksinasi di kepri sudah mencapai 74 (tujuh puluh empat) persen.

Dalam upaya pencagahan penyebaran Covid-19, Provinsi Kepri telah berhasil mencapai target vaksinasi nasional. Sehingga, Presiden RI memberikan apresiasi, terhadap capaian vaksinasi di Provinsi Kepri karena capaian yang melebihi dari daerah-daerah lainnya di Indonesia.

“Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi, atas kerja keras dan upaya optimal, Pemprov Kepri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepri, Pemerintah kabupaten/kota, seluruh tenaga kesehatan, satuan tugas Covid-19, semua pihak yang berperan aktif dalam penyelenggaraan vaksinasi di Provinsi Kepri,” tutup Jumaga Nadeak.(*)

Reporter: Jailani
editor: tunggul