Karimun

Rumah BUMN Karimun Latih Trik Foto Produk Bagi Kaum Milenial

Vauzilla pelajar SMAN 5 salah seorang peserta pelatihan trik photo produk UKM yang diselenggarakan oleh Rumah BUMN Karimun, saat mengikuti pelatihan trik photo produk UKM f,TRI

batampos.id – Rumah BUMN Karimun menggelar pelatihan trik foto produk Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk para kaum Milenial. Tujuannya dalam rangka merangsang untuk pelaku UKM muda di era new normal. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun M Yosli mengungkapkan, pelatihan ini sangat penting bagi calon-calon UKM muda atau kaum milenial di tengah-tengah pandemi Covid-19 saat ini.

BACA JUGA: Pertamina Kepri Gelar Kompetisi Foto untuk Jurnalis Kepri

” Saya harapkan, pelatihan ini bisa membantu para pelaku UKM untuk memotret atau foto hasil produk UKM. Sehingga, bisa menjadi daya tarik bagi pembeli nantinya. Dan, mudah-mudahan peserta yang ikut bisa menjadi pelaku UKM baru,” terangnya, Kamis (23/9).

Sementara itu penanggungjawab Rumah BUMN Karimun Frenky mengungkapkan, selama pandemi Covid-19 pihaknya tidak bisa melaksanakan pelatihan bagi para pelaku UKM yang ada di Karimun. Dimana, pelatihan ini adalah program dari BUMN disetiap daerah untuk memberikan penambahan ilmu kepada para UKM.

” Sudah hampir dua tahun, kita tidak melaksanakan kegiatan pelatihan secara langsung. Kali ini sasarannya kaum milenial, mereka bisa memanfaatkan telepon pintar bagaimana memoto produk agar bisa menarik konsumen untuk membeli produk UKM,” ujarnya.

Kenapa demikian, lanjut Frenky lagi, mengingat zaman sekarang sudah zaman serba digital. Artinya, semua sudah menggunakan telepon pintar untuk menghasilkan karya yang bisa dipromosikan di media sosial. Termasuk, produk-produk UKM yang mau tidak mau harus mengikuti zaman. Dimana, tidak hanya mengandalkan pemasaran secara manual. Akan, tetapi harus memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi.

” Peserta sekitar 15 orang. Ada pelajar, mahasiswa dan pelaku UKM muda yang ingin memanfaatkan telepon pintar dalam memotret produk,” ungkapnya.

Sedangkan Vauzilla pelajar SMAN 5 Karimun salah seorang peserta menurutkan, dirinya sangat beruntung mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Rumah BUMN. Dimana, pelatihan trik photo produk UKM selain dapat menambah ilmu bagaimana memanfaatkan telepon pintar untuk menghasilkan karya seni dengan nilai ekonomis.

” Kebetulan bibi saya pelaku UKM. Bisa saya fotokan hasil produknya secara gratis, bisa produk UKM laris dipasaran nantinya,” ucapnya. (*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul