Covid-19

Vaksinasi Covid-19 Ditargetkan Menjangkau 100 Persen Warga Batam

Data capaian vaksinasi di Kota Batam. ( Media Center Batam untuk Batam Pos)

batampos.id – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Batam, Provinsi Kepri, cukup tinggi. Salah satu penyebabnya, karena antusias masyarakat untuk mendapatkan suntikan vaksin juga cukup tinggi. Meski begitu, vaksinasi tetap ditargetkan dapat menjangkau 100 persen warga Batam.

Data dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam, hingga Kamis (23/9/2021) lalu, tercatat sebanyak 721.702 warga sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Sementara, warga yang sudah mendapat vaksin dosis kedua sebanyak 446.507 orang. Adapun, total sasaran warga yang harus divaksin di Batam sebanyak 907.317 orang.

“Capaian vaksin sudah 79,54 persen untuk dosis pertama dan 50,71 persen dosis kedua,” ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Capaian tersebut, kata Rudi, mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat acara Vaksinasi Merdeka Serentak yang digelar secara virtual, di mana saat itu dari Kota Batam diadakan di Maha Vihara Duta Maitreya, Seipanas, Rabu (22/9/2021).

“Presiden memberikan perhatian kepada Batam-Kepri. Terutama, akan menambah pasokan jumlah vaksin di Kepri, hal ini tentu diharapkan dapat mempercepat vaksinasi,” ujarnya.

Menurut Wali Kota, vaksinasi di Batam akan terus dilakukan hingga menjangkau 100 persen warga agar tercapai kekebalan komunal yang lebih maksimal. Karena itu, terkait ketersediaan vaksin, Rudi menyebut bakal mendapat bantuan lagi dari pemerintah pusat.

“Kalau kurang akan ditambah. Mudah-mudahan ini dapat mempercepat vaksinasi di Batam dan Kepri,” tambah Rudi.

Saat acara virtual tersebut, Presiden Joko Widodo mengapresiasi capaian vaksinasi di Batam dan Kepri karena dinilai capaiannya tinggi jika dibandingkan daerah lainnya di Indonesia.

“Kepri memang yang termasuk tertinggi. Habiskan vaksin yang ada saat ini. Kalau kurang, nanti saya tambah,” kata Jokowi.

Presiden juga berpesan, meskipun capaian vaksinasi sudah tinggi, protokol kesehatan (protkes) harus terus dilakukan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas (5M). Pihaknya meminta agar masyarakat tidak kendur dalam menjalankan protokol kesehatan tersebut.

“Gunakan selalu masker, jalankan terus protokol kesehatan,” pesannya. (*)

Reporter : Ratna Irtatik
Editor : Jamil