Bintan-Pinang

Bintan, Satu-satunya di Kepri Terpilih Menjadi Pilot Project SIAK Terpusat

Ismail (f.Slamet/Batam Pos)

batampos.id– Kabupaten Bintan terpilih menjadi pilot project sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) Terpusat. “Satu-satunya kabupaten  kota di Provinsi Kepri yang ditunjuk menjadi pilot project SIAK terpusat, hanya Bintan,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan, Ismail.

BACA JUGA: Pemkab Bintan Hapus Sanksi Denda Administrasi Pajak

Menurutnya, hal ini berkat koordinasi dan kecepatan Disdukcapil Bintan dalam mengambil moment serta  segala persiapan-persiapan yang dilakukan.

“Alhamdulillah kita dari Disdukcapil Bintan ditunjuk langsung oleh Dirjendukcapil kemendagri. Ini semua kami lakukan untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Bintan,” kata Ismail.

Ismail menjelaskan, saat ini sistem informasi administrasi kependudukan Bintan dalam proses migrasi oleh Tim Kemendagri ke SIAK Terpusat.

Saat ini, proses sinkronisasi data antar Disdukcapil Bintan dan pusat data di Kemendagri membutuhkan beberapa tahapan, meliputi penarikan, pembersihan dan penunggalan.

“Ada jeda waktu. Sehingga masih ditemukan beberapa permasalahan data tidak sinkron,” menurutnya.

Ke depan, menurut Ismail, sistem informasi administrasi kependudukan akan berada di Kemendagri, dan daerah berperan sebagai clinet, sehingga proses sinkronisasi data akan langsung cepat dan mutakhir.

“Tidak ada Jeda waktu dalam pemanfaatan data di pusat dan diharapkan tidak ada lagi penduduk Bintan yang terkendala terkait data saat pengurusan lintas instansi,” harapnya.

Ismail mengatakan, keuntungan sistem informasi administrasi kependudukan terpusat, salah satunya membuat pelaksanaan dan pelayanan administrasi kependudukan di Bintan menjadi lebih berkualitas dikarenakan keamanan dan data yang diinput akan lebih terjamin ketunggalannya.

“Upaya ini menjadi giat kami dalam membahagiakan masyarakat Bintan,” katanya. Selain itu, segala informasi yang berkenaan dengan proyeksi data statistik administrasi kependudukan dapat disajikan secara real time. “Karena server dan prosesnya langsung dari dan ke pusat,” katanya.

Untuk mendukung pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan yang terpusat, Ismail mengatakan, sejumlah operator yang berada di kantor Disdukcapil Bintan dan seluruh kecamatan akan menerima pelatihan.

“Hari Senin nanti, operator kita akan dilatih secara teknis terkait pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan terpusat dari Jakarta,” katanya.

Dalam upaya menuju pelaksanaan SIAK terpusat, Ismail meminta maaf karena layanan administrasi kependudukan terganggu sementara. “Saat ini sedang dilakukan pembenahan-pembenahan menuju pelaksanaan SIAK terpusat, jadi ada beberapa gangguan mulai hari ini sampai Senin,” katanya. (*)

 

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul