Home

BUMD Kepri Minat Kelola Pelabuhan Kota Segara, Tanjunguban

Pelabuhan Kota Segara yang dibangun Dishub Kepri di Tanjunguban, Bintan. F.Slamet Nofasusanto

batampos.id– PT. Pembangunan Kepri yang merupakan badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri tertarik mengelola usaha yang terdapat di sisi darat Pelabuhan Kota Segara, Tanjunguban. Rencana ini telah disampaikan ke Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

BACA JUGA: Ternyata PT Pembangunan Kepri Punya Hutang di Bank

“Alhamdulillah Gubernur sangat merespon baik rencana bisnis BUMD Kepri untuk mengelola barang milik daerah yang ada di beberapa tempat,” ujar Direktur PT. Pembangunan Kepri, Azwardi.

Keseriusan mengelola usaha sisi darat pelabuhan Kota Segara telah ditunjukkan BUMD Kepri. Salah satunya, BUMD Kepri telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan PDAM Tirta Kepri.

“Kami sudah MoU dengan PDAM Tirta Kepri terkait pemasok air bersih di Pelabuhan Kota Segara. Hal ini sudah diketahui Dinas Perhubungan Kepri,” katanya.

Selain itu, BUMD Kepri juga sedang berkoordinasi dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Karena, BP Batam baru membangun tangki penampungan air bersih bervolume besar di Pelabuhan Telagapunggur, Batam.

“BUMD Kepri ingin mencontoh seperti itu. Rencananya tangki air akan diletakkan di Pelabuhan Kota Segara Tanjunguban untuk suplai ke kapal-kapal yang sandar,” katanya.

Dijelaskannya juga, alasan BUMD Kepri tertarik mengelola usaha di Pelabuhan Kota Segara, karena pelabuhan tersebut aset Pemprov Kepri. “Jadi wajar, kalau BUMD Pembangunan Kepri mempunyai keinginan ikut mengarap kegiatan bisnis di Pelabuhan Kota Sagara,” katanya.

Menurutnya, banyak potensi yang bisa dikelola BUMD Kepri di Pelabuhan Kota Segara, Tanjunguban seperti pergudangan, parkir, baliho hingga kios.

Selain itu, BUMD Kepri juga tertarik mengelola Taman Gurindam, Tanjungpinang. “Kita sudah menjajaki kerja sama dengan sejumlah tenant seperti starbucks, McDonald’s, dan lainnya. “Kita ingin bikin konsep kota modern seperti Pollux Habibie Batam,” katanya. (*)

 

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul