Metropolis

Peran Pengusaha Kepri Mendorong Vaksinasi demi Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Upaya menggesa capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Batam tak hanya dilakukan pemerintah. Kalangan pengusaha juga bergerak aktif mempercepat penyuntikan vaksin kepada masyarakat. Tujuannya, agar kasus Covid-19 dapat segera terkendali dan ekonomi kawasan bangkit lagi.

 

Reporter : Ratna Irtatik

 

Jarum jam masih menunjukkan pukul 08.00 WIB. Namun, ribuan orang terlihat antre berderet di depan Restoran Puas Hati di Jalan Raja Haji Fisabilillah, Batam Center, Kota Batam, Sabtu (25/9/2021). Antrean itu terlihat mengular dan mengelilingi gedung restoran dua lantai tersebut.

Meskipun ada ribuan orang dalam satu lokasi, namun antrean mereka tetap berjarak antara satu dengan yang lain. Setidaknya, terlihat ada dua hingga tiga baris antrean memanjang. Semua terlihat tertib dan teratur. Beberapa kali, panitia dan petugas keamanan terlihat membantu agar tak terjadi kerumunan atau penumpukan orang.

Ketua Umum DPN Apindo, Hariyadi B Sukamdani didampingi Ketua Apindo Kepri, Cahya, meninjau antrean vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di kawasan Restoran Puas Hati, Batam Center, Minggu (25/9/2021). F. Ratna/Batam Pos

Gambaran suasana antrean itu tak lain adalah kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diadakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri di Restoran Puas Hati. Sejak beberapa bulan terakhir, restoran yang biasa menyajikan makanan berkonsep prasmanan itu, untuk sementara digunakan sebagai lokasi vaksinasi Covid-19 bagi warga Kota Batam.

Tak tanggung-tanggung, jumlah warga yang sudah mendapat suntikan vaksin di tempat ini cukup tinggi. Hingga Sabtu (25/9/2021), Apindo Kepri mencatat, sedikitnya sudah menyuntikkan 230 ribu dosis vaksin Covid-19 kepada masyarakat Kota Batam.

“Kami sangat mengapresiasi Apindo Kepri yang cukup agresif membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi Covid-19, apalagi biaya operasional untuk kegiatan vaksinasinya dilakukan dengan cara swadaya oleh para pengusaha,” ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Apindo, Hariyadi B Sukamdani, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 oleh Apindo Kepri di Restoran Puas Hati, Batam Center, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan vaksinasi bertajuk Apindo Peduli ini, memang bertujuan untuk membantu memudahkan jangkauan vaksinasi bagi masyarakat di wilayah mainland (perkotaan) Batam. Diharapkan, target vaksinasi yang dicanangkan pemerintah daerah juga makin cepat tercapai berkat peran dan bantuan para pengusaha tersebut.

“Sehingga, target untuk mencapai herd immuninity (kekebalan komunal) untuk melawan pandemi Covid-19 dapat segera terwujud,” katanya.

Secara nasional, sambung Hariyadi, Apindo menargetkan dapat memvaksin 1 juta penduduk. Maka, dengan capaian vaksinasi oleh Apindo Kepri yang sudah menyuntikkan 230 ribu dosis vaksin, dinilai memberikan sumbangsih yang sangat besar.

Terlebih, sebelumnya Apindo Kepri juga berkontribusi menyumbang jutaan masker, 125 ribu paket sembako, hingga pembagian 1.000 nasi bungkus gratis setiap hari selama satu tahun bagi warga Batam yang terdampak pandemi Covid-19. Tak heran bila kemudian DPN Apindo memuji kinerja Apindo Kepri di antara pengurus Apindo daerah lain se-Indonesia.

“Apindo Kepri terbaik dari sisi kinerja penanganan Covid-19,” ucap Hariyadi.

Hariyadi B Sukamdani saat berbincang dengan peserta vaksinasi Covid-19. F. Ratna/Batam Pos

Ke depan, Hariyadi berharap agar Apindo Kepri juga fokus pada pemulihan ekonomi dan turut menarik investasi sebanyak mungkin sembari menunggu berakhirnya pandemi Covid-19. Mengingat, posisi Batam yang cukup strategis dan berhadapan langsung dengan dua negara tetangga; Singapura dan Malaysia, sehingga diharapkan jadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatra.

“Misalnya, memajukan lagi sektor galangan kapal agar jadi nomor satu, atau mendorong industri elektronika agar jadi yang terbaik. Termasuk juga industri pariwisata, misalnya medical tourism (wisata kesehatan) yang cukup besar potensinya untuk dikembangkan,” sebutnya.

Demi menggapai tujuan tersebut, Hariyadi berpesan kepada semua pihak agar terus menekan penyebaran Covid-19. Terlebih, di negara tetangga, Singapura, tengah terjadi penambahan jumlah kasus warga yang terpapar wabah.

“Karena itu, terus terapkan protokol kesehatan (protkes) pencegahan Covid-19, agar kasus di wilayah kita terus turun dan terkendali,” pesannya di hadapan warga yang mengikuti vaksinasi tersebut.

Adapun, protkes yang dimaksud adalah memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

Sementara itu, Ketua Apindo Kepri, Cahya, mengatakan, pihaknya ingin membantu mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah Kepri dan Kota Batam. Sehingga, acara vaksinasi massal tersebut terus digelar dalam beberapa waktu terakhir.

“Kami terus berkoordinasi dengan Kadinkes (Kepala Dinas Kesehatan) Kepri dan Batam, agar pemerintah menjangkau vaksinasi bagi warga hingga ke pulau-pulau kecil, sedangkan yang di perkotaan Batam biar kami yang membantu memvaksin secara massal,” tutur Cahya.

Menurutnya, dalam sehari Apindo Kepri sanggup memvaksin kurang lebih 10 ribu warga. Selain pemberian dosis pertama, Apindo Kepri juga menyediakan vaksinasi dosis kedua.

“Hari ini kami targetnya memvaksin 9 ribu warga, dan besok 11 ribu,” terangnya.

Cahya juga berharap, berbagai upaya yang dilakukan pengusaha di Kepri itu dapat berkontribusi menekan penyebaran Covid-19 di wilayah ini. Efeknya, diharapkan ekonomi kawasan juga kembali pulih.

“Ini upaya kami agar kasus Covid-19 terus menurun dan ekonomi bangkit lagi,” tutupnya. (*)