Bintan-Pinang

Petugas Evakuasi Sarang Tawon Vespa dari Antena Parabola Warga di Lobam

Petugas mengevakuasi sarang tawon vespa di Perum Lobam Bestari, Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Jumat (24/9). F.Slamet Nofasusanto

batampos.id– Sarang tawon vespa berdiameter sekira 30 sentimeter berhasil dievakuasi petugas Damkar Tanjunguban di rumah warga yang berada di Perum Lobam Bestari, Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Jumat (24/9).

BACA JUGA: Evakuasi Sarang Lebah Madu, Petugas Damkar Tanjunguban Temukan Sarang Tawon

Kepala UPT Damkar Tanjunguban, Marsadi mengatakan, tawon jenis vespa bersarang di antena parabola warga. “Tidak memungkinkan dibakar, soalnya sarang berada di ujung antena parabola warga,” katanya.

Selain itu, sarangnya juga tidak jauh dari atap teras rumah warga. “Letaknya 2,5 meter dari atap, jadi tidak dibakar,” ujarnya. Akhirnya, petugas Damkar mengenakan seragam khusus sebelum mengevakuasi sarang tawon yang berada di antena parabola tersebut.

Ketika dievakuasi, tawon jenis vespa langsung berhamburan. Kemudian sarangnya dimasukkan ke kain. “Kita bawa ke kantor sarangnya,” katanya. Selanjutnya, petugas Damkar menyemprotkan cairan pertalite ke sarang tersebut.

“Baru sarangnya dibuang ke tempat pembuangan sampah,” katanya. Dia mengimbau warga apabila melihat hewan liar yang dirasa membahayakan keselamatan masyarakat agar melaporkan dengan menghubungi nomor kantor Damkar di 07714651295. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul