Bintan-Pinang

Sembunyi di Tumpukan Kayu, Biawak Diamankan Tim Damkar

Petugas menangkap seekor biawak yang bersembunyi di tumpukan kayu tidak jauh dari rumah warga di jalan Bhakti Praja, Kelurahan Tanjunguban Selatan, Bintan, Jumat (24/9) petang. F.Damkar Tanjunguban

batampos.id– Seekor biawak dengan panjang sekira 1,5 meter bersembunyi di tumpukan kayu, tidak jauh dari rumah warga di jalan Bhakti Praja, Kelurahan Tanjunguban Selatan, Bintan, Jumat (24/9) petang.

BACA JUGA: Evakuasi Sarang Lebah Madu, Petugas Damkar Tanjunguban Temukan Sarang Tawon

Kepala UPT Damkar Tanjunguban, Marsadi melalui Kasubbag TU, Panyodi mengatakan, petang itu, pemilik rumah hendak memberi makan ayamnya di belakang rumah. Ketika itu, pemilik rumah melihat seekor biawak yang hendak masuk ke dalam rumah.

“Biawaknya tidak jadi masuk ke rumah, karena ketahuan ada orang,” katanya. Kemudian, biawak tersebut kabur ke arah tumpukan kayu dan bersembunyi di sela-selanya.

“Jadi, pemilik rumah mengadu ke suaminya, lalu laporannya sampai ke kami,” katanya. Dia mengatakan, evakuasi biawak lumayan memakan waktu, karena harus memindahkan kayu broti berukuran besar yang menjadi tempat bersembunyi biawak.

Setelah terlihat biawaknya, petugas langsung menangkap biawak dengan alat tongkat sling. “Biawaknya kita bawa ke kantor, kemudian dilepas ke habitatnya,” katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat apabila melihat hewan liar yang dirasa membahayakan keselamatan masyarakat agar segera melaporkan dengan menghubungi nomor kantor Damkar di 07714651295. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO
editor: tunggul