Home

SOTK Pemkab Karimun Bakal Berubah, Ada Badan dan Dinas Baru

Damkar nantinya akan masuk dalam SOTK baru, yaitu Badan Penanggulangan Bencana, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang saat ini masih tergabung dalam Satpol PP Karimun.f.TRI HARYONO

batampos.id- Belum lama ini Pemerintah kabupaten Karimun mengajukan sejumlah perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). Perubahan SOTK di jajaran Pemerintah kabupaten Karimun tersebut, disampaikan langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq saat sidang paripurna DPRD Karimun, Jumat (24/9) lalu.

BACA JUGA: Sembunyi di Tumpukan Kayu, Biawak Diamankan Tim Damkar

” Ada enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kita usulkan perubahan dan dua OPD baru untuk meningkatkan pelayanan publik di kabupaten Karimun kedepannya,” terangnya. Adapun keenam OPD yang dilakukan perubahan tata kelola atau nomenklatur Dinas Pendidikan Tipe A menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tipe A, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tipe B berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tipe A, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan Tipe B menjadi Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Tipe B.

Kemudian, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tipe A menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tipe A, Satuan Pamong Praja yang di dalamnya sebelumnya ada sub Pemadam Kebakaran, nantinya akan digabung ke badan yang baru. Terakhir Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Energi Sumber Daya Mineral Tipe A menjadi Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro dan Energi Sumber Daya Mineral Tipe A.

” Untuk dua OPD baru yaitu, Dinas Komunikasi dan Informatika Tipe A dan Badan Penanggulangan Bencana, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tipe A yang telah kita usulkan,” terangnya. Dengan terjadi perubahan enam OPD dan penambahan dua OPD baru, di dalam SOTK tersebut sejalan dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Karimun. “Perubahan SOTK ini diselaraskan dengan RPJMD hingga tahun 2026,” tuturnya.(*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul