Karimun

Warga Kawatirkan Abrasi Pantai Gading yang Terus Meluas

seorang warga menunjukkan abrasi pantai Gading akibat jebolnya batu miring

batampos.id– Masyarakat Gading, kelurahan Gadingsari kecamatan Kundur belakangan ini kawatirkan abrasi pantai Gading yang terus meluas. Hal itu seiring belum adanya penimbunan tanah di sekitar tanggul baru miring, akibatnya sebagian tanggul jebol akibat hantaman gelombang air laut pasang.

BACA JUGA: Atasi Abrasi, PT Timah Tanam Mangrove di Pantai Teluk Desa Kundur

Seperti dikeluhkan Joko, warga yang akan membuka usaha kafe di pantai Gading. Menurutnya banyak aset wisata yang cukup potensi di Gading yang dapat dikembangkan. Seperti pantai yang banyak batu granitnya, makam keramat, serta panorama cukup asri. Hanya saja selama ini belum dikelola dengan baik dan profesional.

“Iya abrasi pantai semakin meluas, akibat jebolnya tanggul batu miring yang ada. Selain itu tanggul batu miring yang dibangun belum dilengkapi dengan tanah urug sehingga saat terkena ombak sebagian batu miring jebol,”terangnya.

Hal senada juga disampaikan Edy warga yang bermukim di dekat pantai mengaku prihatin melihat kondisi batu miring di pantai Gading. Kondisinya sudah cukup menghawatirkan dan abrasi pantai terus meluas. Kami warga yang berdomisi dekat pantai berharap ada perhatian dari pemerintah. Dan berharap ada perbaikan batu miring di sepanjang pantai Gading kelurahan Gadingsari kecamatan Kundur. (*)

Reporter: Imam Sukarno
editor: tunggul