Karimun

Karimun Dapat Penghargaan Kota Layak Anak

Bupati Karimun, Aunur Rafi bersama Wakil Bupati, Anwar HS serta Sekda Karimun foto bersama dengan tim yang menerima tiga penghargaan.

batampos.id- Kabupaten Karimun mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Republik Indonesia. Tiga penghargaan tersebut berupa Anugerah Parahita Ekapraya (APE), Kota Layak Anak dan website terbaik untuk forum anak tingkat nasional.

BACA JUGA: Karimun 3 Tahun Berturut-turut jadi Kabupaten Layak Anak

”Penyerahan tiga penghargaan ini telah dilaksanakan di Jakarta pada Sabtu (25/9) dan diterima oleh Wakil Bupati Karimun. Alhamdulillah, untuk tahun ini penghargaan yang kita terima untuk APE berupa peringkat utama. Penghargaan APE ini erat kaitannya dengan komitmen kita dalam mewujudkan kesetaraan gender melalui program pengarusutamaan gender (PUG),” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Senin (27/9) usai mengikuti paripurna di DPRD Kabupaten Karimun.

Kemudian, lanjut Bupati, dua penghargaan lainnya yang diiterima berkaitan dengan anak. Yakni, Karimun sudah ditetapkan sebagai kota layak anak (KLA). Ini berarti Pemerintah Kabupaten Karimun sudah menjamin perlindungan hak anak. Penilaian ini berdasarkan berbagai indikator. Termasuk di dalamnya kesejahteran, kesehatan, pendidikan, kegiatan budaya dan pemanfaatan waktu luang.
”Selanjutnya, pengahragaan data forum anak (DAFA) yang berhasil diraih oleh Forum Anak Kabupaten Karimun. Tentunya, tiga penghragaan ini tidak bisa diraih tanpa adanya kerja sama dari seluruh stakeholder yang ada di daerah kita. Ini merupakan kerja keras secara bersama-sama, sehingga, bisa mendapatkan penghargaan dari Kementerian PPPA. Kita berharap penghargaan ini bisa terus dipertahankan,” jelasnya.

Tiga penghargaan ini juga, tambah Bupati, melengkapi penghargaan yang pernah diterima Kabupaten Karimun,. Seperti kota layak investasi (KLI) dan kota layak untuk dikunjungi. Ini membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Karimun bersama dengan stakeholder dan semua unsur lapisan masyarakat mendukung penuh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

Reporter: Sandi
editor: tunggul