Internasional

Vanuatu Kerap Serang Indonesia di Sidang PBB, Guru Besar ini Sebut Begini

Ilustrasi Sidang umum PBB. Vanuatu kerap serang Indonesia terkait Papua. ( F Reuters)

batampos.id – Satu negara di Kepulauan Pasifik, Vanuatu kerap menyerang Indonesia dengan berita-berita buruk terkait Papua. Saatnya bertindak untuk ini.

BACA JUGA:
PBB Sebut Taliban Ingkar Janji Soal HAM

Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan, tuduhan-tuduhan Vanuatu sering dimanfaatkan para kelompok separatis yang tinggal di luar negeri. “Dimanfaatkan tokoh separatis, seperti Benny Wenda untuk selalu disampaikan di Sidang Umum PBB,” ujar Hikmahanto seperti dilansir dari DW, Minggu (26/9/2021).

Vanuatu selalu mengomentari Indonesia terkait Papua tiap sidang umum PBB. Menurut Hikmahanto, ada solidaritas dari sesama negara Pasifik. “Mereka menganggap Papua adalah bagian dari negara-negara Pasifik dan tidak masuk dalam negara Asia,” katanya.

Isu Papua pun dianggap sebagai isu politik Vanuatu. Karena itu, mereka akan selalu membahasnya di forum-forum PBB.

“Menjadi platform politik saat politisi berkampanye agar mendapat dukungan dari pemilih, sehingga saat mereka terpilih, akan membahasnya di forum PBB,” ujarnya.

Meski begitu, Indonesia tidak perlu takut dengan pendapat dari Vanuatu atau negara Pasifik lainnya. Isu itu, akan tetap dimainkan oleh Vanuatu. “Selanjutnya Indonesia perlu membiasakan diri dengan apa yg disampaikan oleh negara-negara Pasifik di MU PBB dan tidak panik,” ujar Hikmahanto. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung