Kepri

Wagubkepri  Ajak Warga Peduli Lingkungan, Bersama Wamen KLHK, Tinjau Pulau Setokok

Wagub Marlin bersama Wamen Alue tinjau Pulau Setokok.

batampos.id-Wakil Gubkepri Marlin Agustina mengingatkan dan mengajak masyarakat Kepulauan Riau untuk menjaga dan melestasrikan lingkungan. Terutama untuk lingkungan pesisir. Apalagi sebagai daerah kepulauan, kelestarian lingkungan pesisir Kepri sangat penting dalam kondisi tidak rusak.

“Bersama-samalah kita menjaga kelestarian lingkungan Kepri ini. Juga kawasan-kawasan pesisir dengan menjaga pohon mangrove tetap tumbuh karena banyak manfaatnya,” kata Wagub Marlin usai mendampingi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, di Pulau Setokok, Batam, Senin (27/9).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Tanam Mangrove di Setokok

Wagub Marlin memang menjemput kedatangan Wamen Alue ke Batam. Kehadiran Wamen Alue dalam rangkaian kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kepri, Selasa (28/9).

Setelah berbincang di VIP Bandara Hang Nadim, Wagub Marlin mengajak Wamen Alue untuk menikmati sarapan khas Kepri. Dengan membawa Wamen Alue menikmati berbagai menu di Kedai Mie Tarempa Sincom, Batamcentre.

Dari Mie Tarempa, Wagub Marlin bersama Wamen Alue kemudian bersama-sama bergerak di Pulau Setokok. Mereka meninjau lokasi yang direncanakan akan dikunjungi Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi memang sedang mengajak masyarakat melakukan antisipasi perubahan iklim dengan melakukan penanaman mangrove. Pekan lalu, Presiden Jokowi melakukan penanaman mangrove di Cilacap, Jawa Tengah.

Saat itu Presiden menyampaikan bahwa rehabilitasi magrove ini harus dilakukan untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove. Juga untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sekarang ini sedang terjadi di seluruh dunia.

Wagub Marlin mengajak masyarakat Kepri untuk mendukung program dan gerakan yang dilaksanakan Presiden Jokowi ini. Sebagai daerah dengan ribuan pulau, kata Wagub Marlin, kawasan hutan mangrovenya harus selalu terjaga. “Pemulihan kawasan hutan mangrove ini harus kita dukung bersama,” ajak Ketua PKK Kota Batam ini.

Wagub Marlin menambahkan, dengan ribuan pulau dan luas lautnya yang 96 persen menjadi luas wilayah Kepri, makanya, sudah seharusnya kawasan pesisir terjaga dengan baik.

Wagub Marlin sendiri sangat fokus dan peduli dengan lingkungan. Bersama sejumlah ekspatriat dan sejumlah masyarakat, awal September ini Wagub Marlin melakukan penanaman mangrove di Nongsa. Kemudian Wagub Marlin juga memimpin pelaksanaan World Clean Up Day (WCD) 2021 dengan gerakan Memilah Sampah dari Rumah.

Dalam kunjungan ke Pulau Setokok itu, hadir juga Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Ahmad. Juga sejumlah kepala OPD baik dari Pemprov Kepri maupun dari Pemko Batam. (*)

Reporter: Cipi Ckandina