Internasional

Dua Perempuan Transgender Menang Pemilu di Jerman

Tessa Ganserer (kiri) dan Nyke Slawik (kanan), dua perempuan transgender yang memenangkan kursi parlemen dari Partai Hijau pada Pemilu Jerman 2021. ( F DW)

batampos.id – Dua perempuan transgender menang Pemilu di Jerman. Mereka merupakan kandidat dari Partai Hijau, Tessa Ganserer dan Nyke Slawik. Keduanya mencatat sejarah menjadi perempuan transgender pertama yang bergabung di Bundestag atau parlemen Jerman.

BACA JUGA:
Koalisi Mustahil Terjadi, Kini Jerman Masih Membahas Siapa Pengganti Merkel

Setelah dinyatakan menang, Ganserer dan Slawik menyebutkan, mereka akan berjuang untuk kesetaraan hak, masalah keadilan sosial, dan juga terkait lingkungan.

Selain itu, sembari merayakan kemenangan, keduanya juga menyoroti nasib LGBT. “Betapa banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan untuk mengamankan kesetaraan dan penerimaan bagi kami para transgender,” ujar Ganserer seperti dilansir dari Deutsche Welle, Senin (27/9/2021) malam.

Dalam kesempatan itu, Ganserer juga mengungkapkan, saat menghadapi Pemilu ini, KPU Jerman tetap mencatat nama lahirnya, bukan nama barunya setelah menjadi perempuan transgender. Sebuah praktik yang menurutnya sangat menyakitkan hati.

“Ini memalukan. Sangat menyakitkan bagi saya. Mereka menjatuhkanku dengan nama maskulin yang sebenarnya sekarang tidak dibenarkan,” ungkapnya seperti dilansir dari AFP.

Baik Ganserer maupun Slawik juga berjuang mengatasi rintangan administratif yang diberlakukan bagi orang-orang transgender yang ingin mengubah nama dan gender mereka secara legal.
Saat ini, setiap warga yang ingin mengubah identitas di Jerman, dipaksa untuk menjalani pemeriksaan psikiatri invasif, yang menurut para aktivis merupakan pelanggaran hak dan martabat manusia. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung