Ekonomi & Bisnis

Polibatam Raih Juara 1 dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia

Tim Robotic Polibatam berfoto sebelum mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah 1 Tahun 2021 pada Kamis-Sabtu (23-25/9/2021).

batampos.id – Perguruang Tinggi Negeri (PTN) pertama di Kepri, Politeknik Negeri Batam (Polibatam) meraih Juara 1 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Desain Terbaik KRSBI Beroda, dan Strategi Terbaik KRSBI Beroda pada event bergengsi.

‘’Prestasi tadi diraih melalui Tim Robot dari Barelang Robotics and Artificial Intelegence Lab (BRAIL) – Polibatam yang menjuarai Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah 1 Tahun 2021,’’ sebut Wakil Direktur Bidang Kemahasiswa, Alumni, dan Kerjasama Polibatam, Dr Muhammad Zaenuddin SSi MSc, Senin (27/9/2021).

Zen menambahkan, KRI Tingkat Wilayah I 2021 dilaksanakan secara daring mulai Kamis-Sabtu (23-25/ 9/ 2021) diikuti 58 tim dari 140 perguruan tinggi.

KRI ini mempertandingkan 6 divisi yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid).

Salah satu dosen pembimbing, Hendawan Soebhakti ST MT menambahkan, KRI Wilayah I diikuti 58 tim dari 140 perguruan tinggi dengan rincian 19 tim KRAI, 44 tim KRSRI, 24 tim KRTMI, 18 tim KRSTI, 25 tim KRSBI-Beroda, dan 9 tim KRSBI-Humanoid.

Selain itu, dalam event ini, Polibatam juga meraih: Juara 1 Kontes Robot Sepak Bola (KRSBI) Humanoid Kategori Lomba Lari, Juara 2 Kontes Robot Sepak Bola (KRSBI) Humanoid Kategori Lomba Menggiring Bola, Juara 2 Kontes Robot Sepak Bola (KRSBI) Humanoid Kategori Lomba Kerjasama Robot, Strategi Terbaik KRSBI Humanoid, serta Juara 2 Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Dengan capaian ini, maka 3 (tiga) tim robot Politeknik Negeri Batam akan kembali bertanding pada KRI Tingkat Nasional pada tanggal 12-17 Oktober 2021.

“Alhamdulillaah, tim Barelang (BRAIL) Polibatam dapat kembali menjuarai beberapa kategori di ajang Kontes Robot Indonesia. Mohon do’a dan dukungannya pada KRI Tingkat Nasional yang Insyaa Allaah akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2021 mendatang.” ujar Hendawan.

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KRI 2021 ini memasuki tahun ke-19 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu.

BACA JUGA: Polibatam Bentuk IAB bagi Prodi Sarjana Terapan LPI

Wabah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia, mengubah cara hidup dan berkegiatan seluruh umat manusia saat ini. Hal ini mengakibatkan pada tahun 2020 yang lalu, kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 berubah bentuk dari kegiatan kontes luring (luar jaringan/ offline) menjadi kontes daring (dalam jaringan/ online). Pada tahun 2021 ini, Pusat Prestasi Nasional masih menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia secara daring.

Pada KRI yang dilakukan secara daring ini, seluruh tim peserta menampilkan robotnya di kampus masing-masing, yang ditayangkan secara daring melalui mekanisme video conferencing. Seluruh divisi KRI (KRAI, KRSRI, KRSBI Beroda, KRSBI Humanoid, KRSTI, KRTMI) dipertandingkan pada Kontes Tingkat Wilayah dan Kontes Tingkat Nasional. (***)

Reporter: Suprizal Tanjung
Editor: Suprizal Tanjung