Internasional

Terima Vaksin Dosis Ketiga, Presiden AS Masuk ke Kelompok Risiko Tertentu

Presiden AS menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga di Gedung Putih, Senin (27/9/2021) waktu setempat. ( F Anna Moneymaker/Getty Images via NBC)

batampos.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga di kantornya di Eisenhower Office Building di Gedung Putih, Washington DC, Selasa (28/0/2021). Dalam penerimaan itu, Biden masuk ke dalam kelompok Berisiko Tertentu (Risk Group).

Vaksinasi booster dosis ketiga ini, Biden menerima Pfizer-BioNTech.

Dilansir dari NBC News, Biden dan kelompok warga usia di atas 65 tahun yang memenuhi syarat vaksinasi menjadi kelompok pertama yang mendapatkan booster dosis ketiga saat ini, setelah Satgas Covid-19 AS menyetujuinya.

Dalam menerima suntikan itu, Biden sempat bercanda kepada petugas medis dan sejumlah pers Gedung Putih. “Saya tahu tidak seperti kelihatannya. Tapi usiaku lebih dari 65 tahun. Itulah mengapa saya mendapatkan booster ini,” ujarnya.

Usai mendapatkan vaksin ketiga, Biden berpesan supaya seluruh warga AS mau menerima vaksin Covid-19 sebagai upaya mengatasi peningkatan varian delta di negara itu. Khusus penerima vaksin dosis ketiga, warga AS bisa mengikutinya apabila sudah enam bulan berjarak dari penerimaan dosis kedua.

Di saat AS mulai menerapkan vaksin dosis ketiga, WHO justru mengkritisi kebijakan negara adidaya itu dengan mengatakan supaya AS lebih mementingkan menyumbangkan vaksin kepada negara-negara miskin yang kesulitan akses mendapatnya.

Biden menepisnya. “Kami sudah melakukan jauh lebih banyak dari yang negara-negara lain sumbangkan apabila digabungkan. Kami akan mengerjakan bagian kami. Itu saja,” tepisnya. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung