Bintan-Pinang

Zainudin Dihabisi di Dalam Mobilnya, Dua Pelaku Sudah Ditangkap

Mobil korban yang ditenggelamkan di danau Biru berhasil dievakusi polisi

batampos.id– Dua pelaku perampokan dan pembunuhan Zainudin, bos besi tua di Tanjungpinang oleh dua pelaku yakni ZL alias Joy dan DD yang sudah diamankan polisi, diduga telah direncanakan dengan matang. Joy sebagai otak pelaku pembunuhan, mengajak rekannya DD untuk merampok dan menghabisi pengusaha besi tua tersebut.

BACA JUGA: Garis Polisi Dipasang di Lokasi Penemuan Jenazah Zainudin, Bos Besi Tua di Desa Ekang, Bintan

Informasi yang diperoleh, awalnya, Joy mengajak DD menuju rumah Zainudin, Minggu (5/9/2021). Dua pelaku merupakan pelanggan korban. Tiba di rumah korban, dua pelaku mengajak korban melihat besi tua yang akan dijual di kawasan Kijang Bintan. Korban tertarik dengan ajakan tersebut. Selanjutnya, korban pamit kepada istrinya untuk melihat besi tua tersebut bersama dua pelaku menggunakan mobil. Setelah tiba di lokasi pembunuhan di kawasan Kijang, Bintan, korban dieksekusi di dalam mobil. DD dibantu Joy, menjerat leher korban menggunakan tali yang telah disiapkan sebelumnya hingga korban tewas.

Selanjutnya, dua pelaku membawa jasad korban ke Batu 58 kawasan Ekang Anculai Bintan. Dua pelaku kemudian mengubur jasad korban di bawah tiang Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet). Setelah itu, dua pelaku membawa mobil serta barang bawaan korban ke Danau Biru Kawal Bintan. Mobil korban kemudian ditenggelamkan di danau tersebut. Setelah mobil tenggelam, Joy menyerahkan uang sebesar Rp 3,5 juta yang diduga milik korban kepada DD.

Sekitar malam harinya, dua pelaku berjalan kaki dari danau menuju kawasan Galang Batang. Pelaku kemudian menghubungi rekannya dan dijemput menggunakan mobil di lokasi tersebut. Dua pelaku bersama dua rekannya kemudian makan bersama di kawasan Bintan Plaza Tanjungpinang. Setelah itu, dua pelaku pulang ke rumah masing-masing.

Pada Senin (6/9/2021), Joy memberikan dua unit ponsel beserta ATM kepada DD. Joy kemudian pergi dan tidak pernah lagi menghubungi DD. Keesokan harinya, Joy mengajak serta istri dan anaknya menyewa speed boat menuju Batam lalu ke Selat Panjang, Riau. Selanjutnya, Joy membeli satu unit sepeda motor seharga Rp 28 juta. Joy kemudian pergi menggunakan sepeda motor menuju Bengkalis Riau.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Rio Reza Parindra saat dikonfirmasi mengatakan dua pelaku pembunuh Zainudin telah ditangkap di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Senin (27/9/2021). “Ya ada dua pelaku yang sudah ditangkap. Salah seorangnya ditangkap di Riau,” ungkapnya, Selasa (28/9).

Disinggung terkait motif pembunuhan, Kasat Reskrim mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan terkait motif dan kronologis kejadian pembunuhan tersebut. “Kemungkinan ada pelaku lainnya. Nanti akan dirilis,” katanya singkat.

Sebelumnya diketahui, warga Tanjungpinang Zainudin, 49, yang dilaporkan hilang, ditemukan tak bernyawa oleh pihak kepolisian di Batu 58 kawasan Ekang Anculai Teluk Sebong, Bintan, Minggu (26/3). Jasad korban pembunuhan tersebut, ditemukan terkubur di bawah tiang Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet). (*)

Reporter : YUSNADI NAZAR
editor: tunggul