Karimun

Bertambah 2.082 Pemilih Pemula

Rapat pendataan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk bulan Mei, Juni, Juli, Agustus hingga September di kantor sekretariat KPU Karimun.

batampos.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun sedang melaksanakan pendataan terhadap Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk bulan Mei, Juni, Juli, Agustus hingga September di kantor sekretariat KPU Karimun. Rapat koordinasi DPB dihadiri Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bawaslu Karimun, Parpol.

BACA JUGA: Jumlah Pemilih di Karimun Bertambah 275 Orang

Komisioner KPU Karimun Mardanus ketika dikonfirmasi mengatakan, rapat koordinasi tentang DPB ini sangat penting untuk persiapan tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) nanti. Dari Data Pemilih Tetap (DPT) tahun 2020 yang mencapai 165.780 pemilih hingga bulan September ini terjadi kenaikan mencapai 2.082 pemilih pemula. ” Setiap bulan terjadi penambahan data pemilih baru. Dan, ini terus kita lakukan evaluasi setiap bulannya,” terang Mardanus, Rabu (29/9).

Dikatakan, pada bulan Mei jumlah pemilih mencapai 167.347 pemilih, kemudian bulan Juni 167.622 pemilih, bulan Juli 167.802 pemilih, bulan Agustus 167.842 pemilih dan bulan September 167.862 pemilih. Dari 12 kecamatan, ada tiga kecamatan yang paling banyak penduduknya dan pemilih pemula yaitu kecamatan Karimun, Meral, Kundur.

” Dari bulan Mei hingga Agustus terjadi perubahan data yaitu ada penambahan pemilih baru mencapai 2.212 pemilih dan pemilih TMS ada 150 pemilih. Sedangkan yang meningga dunia ada 34 orang dan pemilih ganda 81 orang, serta pindah domisili 35 orang,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat mengungkapkan, hingga sekarang tidak ada kendala terhadap proses tahapan DPB oleh KPU Karimun. Mengingat, data DPB tersebut nantinya akan terus berubah seiring dengan penambahan jumlah penduduk. Dimana, setiap bulannya ada pemilih pemula maupun yang sudah memasuki pensiun.

” Ada beberapa item saran kita kepada KPU. Agar, pendataan DPB lebih baik lagi. Artinya, Bawaslu sebagai pengawas untuk membantu agar data DPB terus terupgrade, hingga benar-benar menjadi DPT nantinya,” ucapnya.(*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul