Ekonomi & Bisnis

Bunda Halimah Jadi RS Unggulan Layanan KB di Kepri, Vaksinasi 800 Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

H Ansar Ahmad SE MM didampingi Dr dr Ibrahim dan tim melihat pasien yang telah menjalani operasi sterilisasi (tubektomi). F. Ist

batampos.id – Rumah Sakit (RS) Hajah Bunda Halimah memecahkan rekor dengan ditunjuk menjadi RS Unggulan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di RS Bunda Halimah, Batam Kota, Batam, Minggu 26/9/2021).

Acara ini dihadiri, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr Cut Putri Arianie MH Kes (hadir secara daring); Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad SE MM; Ketua PP POGI Pusat, dr Ari Kusuma Januarto SPoG (daring); Ketua Umum PII, Dr Ir Heru Dewanto IPU ACPE; dan Ketua POGI Provinsi Kepri, Dr H Yanuarman SpOG (K) KFM.

Event ini didukung Ketua Yayasan Griya Husada Batam, Dr Rusli Bintang; Pimpinan Manajemen RS Hajjah Bunda Halimah, Dr Angelina Eleonora Rumengan SKom MM Si. Kegiatan dilakukan Bunda Halimah guna membantu pemerintah mempercepat terbentuknya herd immunity di Batam dan Kepri umumnya.

Acara ini terlaksana sebagai wujud kerja sama RS Hj Bunda Halimah dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kepri, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Kepri, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kepri, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kepri, Pemko Batam dan didukung Yayasan Griya Husada Batam dan Fakultas Kedokteran Universitas Batam (Uniba).

Ada dialog menarik saat Ansar Ahmad bertanya kepada seorang ibu hamil usai operasi sterilisasi (tubektomi). ‘’Apakah sakit,’’ tanya Ansar. Ibu tadi menjawab, ‘’Tidak pak. Malah tidak terasa,’’ jawab itu tadi. Ansar pun puas. Berarti tenaga medis Bunda Halimah profesional sesuai standar nasional bahkan internasional.

Direktur RS Hajah Bunda Halimah, Dr dr Ibrahim SH MSc MKn MPd menyebutkan, penunjukkan RS Unggulan Pelayanan KB tadi merupakan hasil Memorandum of Understanding (MoU) dengan BKKBN Kota Batam disaksikan BKKBN Pusat secara daring, Kamis (9/9/2021).

Masih di hari yang sama, Bunda Halimah menggelar beberapa kegiatan. Beberapa di antaranya adalah: vaksinasi untuk 800 ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui). Kemudian, dilaksanakan operasi sterilisasi (tubektomi) untuk lima peserta. Untuk memberikan pelayanan lebih maksimal, Bunda Halimah menyediakan mobil pelayanan di area parkir Uniba. Selain itu, juga dilaksanakan Donor Darah yang ditargetkan diikuti ratusan peserta.

BACA JUGA: Mulai Hari Ini, RS Bunda Hj Halimah Khitan 100 Anak

Dipilihnya Bunda Halimah sebagai RS Unggulan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) ini tidak terlepas dari keinginan manajemen untuk melakukan program sosial dan mengabdi kepada masyarakat. Faktor lain, karena RS Tipe C ini telah memiliki 300 unit Tempat Tidur (TT) siap pakai, namun saat ini hanya 115 TT dioperasikan berhubung terbatasnya tenaga kesehatan, khususnya perawat. Sehingga yang dibuka operasional saat ini hanya 115 TT.

Bunda Halimah memiliki pelayanan medis secara lengkap. Semua spesialis ada di Bunda Halimah. Memiliki empat dokter kebidanan. Ada 5 kamar operasi dan lainnya.

Saat ini, Bunda Halimah semakin dipercaya masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan kebidananan. Bukan hanya itu, Bunda Halimah juga sudah mengadakan kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jadi, masyarakat dan tenaga kerja bisa mendapatkan pelayanan kesehatan lebih baik di Bunda Halimah. (*)

Reporter: Suprizal Tanjung
Editor: Suprizal Tanjung