Politika

Golkar Resmi Tunjuk Lodewijk Jadi Wakil Ketua DPR Gantikan Azis Syamsuddin

Lodewijk F Paulus. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

batampos.id – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi menunjuk Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR. Ia didapuk menggantikan Azis Syamsuddin yang sedang berurusan dengan KPK karena diduga terlibat kasus korupsi.

Sebelumnya, Azis Syamsuddin telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR lantaran ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan suap di kasus Lampung Tengah.

“Kami telah konsultasi dengan seluruh senior Golkar, dan dalam rapat pleno tanggal 27 September Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk saudara Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin,” ujar Airlangga di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/9)

Lodewijk juga merupakan Sekertaris Jenderal Partai Golkar dan anggota Komis I DPR RI.

Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan pihaknya telah menerima surat pergantian posisi Wakil Ketua DPR yang diajukan oleh Partai Golkar ini.

“Telah menerima surat langsung dari Ketum Golkar Airlangga Hartarto, perihal pengunduran diri dari bapak Azis Syamsuddin sebagai pimpinan DPR 2019-2024,” katanya.

Puan melanjutkan, pada rapat paripurna Kamis (30/9) pihaknya akan melakukan pergantian antar waktu (PAW) jabatan Wakil Ketua DPR ini.

“Insya Allah besok akan dilaksanakan rapat paripurna pergantian antar waktu Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar,” ungkapnya. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim