Covid-19

Kasus Covid-19 Terus Turun, Enam Kecamatan di Batam Jadi Zona Hijau

Peta sebaran kasus Covid-19 di Kota Batam. Tercatat, enam dari 12 kecamatan di Batam jadi zona hijau. (Gugus Tugas Covid-19 Batam)

batampos.id – Jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kota Batam terus menunjukkan penurunan. Hingga Selasa (28/9/2021), tersisa 42 pasien Covid-19 yang masih dirawat. Hal itu berimbas terhadap status wilayah di Batam yang mulai berangsur meninggalkan zona merah serta beberapa di antaranya jadi zona hijau. Tercatat, sebanyak enam kecamatan dari total 12 kecamatan di Kota Batam, sudah masuk zona hijau.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam mencatat, enam kecamatan yang sudah masuk zona hijau atau nol kasus Covid-19 yakni Belakangpadang, Bulang, Galang, Batuampar, Seibeduk, dan Nongsa. Sementara, lima kecamatan lain; Bengkong, Lubukbaja, Sekupang, Batuaji, dan Sagulung jadi zona kuning dengan jumlah kasus di bawah 10 pasien. Kemudian, satu kecamatan yakni Batam Kota, masih berstatus zona oranye dengan total pasien 19 orang.

Untuk diketahui, total seluruh pasien yang pernah terkonfirmasi Covid-19 di Kota Batam sebanyak 25.778 pasien. Dari total itu, 24.901 pasien sudah sembuh, 835 pasien meninggal dunia, dan sisa 42 pasien masih perawatan.

“Penanganan Covid-19 akan terus dilakukan hingga Batam benar-benar bebas dari Covid-19,” ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Ia mengungkapkan, penanganan Covid-19 di Batam terus membaik. Capaian tersebut, kata dia, karena kerja sama semua pihak serta dukungan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam, tenaga medis, dan masyarakat secara keseluruhan.

Meski jumlah kasus di Batam terus menurun, Wali Kota tetap meminta masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan 5M, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, hingga mengurangi mobilitas.

“Protokol kesehatan jangan sampai kendur,” kata dia.

Selain terus memperketat protokol kesehatan, pihaknya juga terus menggencarkan vaksinasi di Kota Batam. Hingga 27 September 2021, sudah 734.801 warga divaksin Covid-19 dosis pertama atau sebanyak 80,99 persen dari total sasaran 907.317 warga. Sementara warga yang sudah menerima dosis kedua sebanyak 500.842 orang atau 55,20 persen.

“Dengan upaya ini, semoga mata rantai penyebaran Covid-19 di Batam dapat diputus,” katanya. (*)

Reporter : Ratna Irtatik
Editior :Jamil