Nasional

MUI Kota Batam dan LAM Kota Batam Sepakati Sinergi Program Kerja

Ketua Umum MUI Kota Batam KH Luqman RIfai dan Ketua LAM Batam Drs Nyat Kadir foto bersama usai silaturahmi di gedung LAM Kota Batam, Selasa (28/9). (istimewa)

batampos.id – Dewan Pimpinan MUI Kota Batam  menggelar  silaturahmi  bersama Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam. Acara yang digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu Batam Center Selasa (28/09/2021) malam menghasilkan kesepakatan sinergi sejumlah program kerja.

Kehadiran MUI Kota Batam di LAM Batam dipimpin oleh Ketua Umum KH. Luqman Rifa’i  didampingi jajaran ketua, sekretaris umum dan bendahara umum. Sementara dari LAM hadir Ketua LAM Kota Batam Dato Drs  H Nyat Kadir didampingi Ketua Harian, Sekretaris dan sejumlah pengurus  lainnya.

Pertama, kerjasama dalam pembinaan  dan pengembangan Seni Budaya Islam. Kerjasama ini penting  sebab sebagian adat melayu bersumber dari seni budaya islam. Demikian juga, pembinaan dan pengembangan ini bertujuan memastikan adat budaya tidak bertentangan nilai-nilai syariat islam.

Apalagi dalam catatan LAM, terdapat sejumlah khazanah pustaka melayu berupa kitab manuskrip yang ditulis ulama melayu yang perlu dikaji. Kitab manuskrip itu berisi berbagai kandungan literasi ilmu. “Mulai dari ilmu bahasa, aqidah, fiqh hingga tasawwuf.  Jika itu dikaji dan dikembangkan tentu akan sangat bermanfaat dalam konteks sejarah budaya islam,” jelas Ketua Umum MUI Kota Batam KH. Luqman Rifa’i.

Kedua, kerjasama dalam pengembangan dakwah kawasan hinterland. MUI dan LAM perlu bersinergi karena masyarakat  hinterland mayoritas orang melayu. Pengembangan dakwah ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas  kehidupan beragama mereka.

Ketiga, kerja sama dibidang pemberdayaan ekonomi umat. Program ini penting  untuk meningkatkan perekonomian umat. Format kegiatannya seperti pelatihan wirausaha, pendampingan ukm, bimtek sertifikasi halal dan lain sebagainya.

Suasana silaturahmi MUI Kota Batam dan LAM Kota Batam di gedung LAM, Selasa (28/9). (Istimewa)

Ketua LAM Kota Batam menyambut baik kunjungan Dewan Pimpinan MUI Kota Batam. “Saya sebagai Ketua LAM Kota Batam menyambut baik kunjungan Dewan Pimpinan MUI Kota Batam. Semoga kita bisa bersinergi mengawal pembangunan kota benar-benar sebagai Bandar Dunia yang Madani,” tegasnya.

Sementara Ketua Umum MUI Kota Batam KH. Luqman Rifa’i juga mengucapkan terima kasih atas sambutan baik dalam kunjungan ini. “MUI Kota Batam mengucapkan terimakasih atas sambutan baik LAM Kota dalam silaturahmi ini. Semoga silaturahmi dan kerjasama ini terus berlanjut”. ujarnya.

Akhirnya ada sebaik pantun yang menggambarkan silaturahmi ini..
Jika tuan pergi ke Tanjung Batu
Singgahlah beli mangga kuweni
Jika MUI dan LAM telah bersatu
Terwujudlah Batam Bandar Dunia Madani. (*)

Editor: Jamil