Natuna

Musrembang 2021, Bupati Natuna Minta Saran untuk Perumusan RPJMD

Bupati Natuna saat memimpin musrembang Natuna 2021

batampos.id – Pemda Natuna melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPMJD Tahun 2021, Selasa (28/9) secara virtual. Kegiatan dipimpin Bupati Natuna, Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda serta Sekda Natuna Boy Wijanarko diikuti oleh seluruh Anggota DPRD Natuna, Forkopimda, pejabat teras pemkap Natuna serta tokoh masyarakat.

BACA JUGA: Kemenko Marves Kembangkan Desa Wisata di Natuna

Dalam sambutanya, Wan Siswandi meminta ide, gagasan, sumbang saran dan masukan yang sifatnya konstruktif guna penyusunan dan perumusan rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) daerah kabupaten Natuna lima tahun ke depan sesuai dengan visi-misi Bupati Natuna tahun 2021-2026.

“Terwujudnya Kabupaten Natuna sebagai kabupaten maritim yang unggul, eksotis, aman, dengan kemandirian ekonomi berlandaskan nilai religius dan kultural,” ujar Bupati menyampaikan visinya yang ia gagas dengan wakilnya, Rodhial Huda.

Ada 7 poin yang menjabarkan visi-misi di masa kepemimpinan Bupati Wan Siswandi dan Rodhial Huda untuk mewujudkan Natuna maju dan maritimnya juara. Menurutnya, visi tersebut merupakan kondisi ideal yang ingin dicapai dan diwujudkan bersama-sama selama lima tahun ke depan.

“Visi dan misi ini masih sangat makro dan belum operasional sehingga harus diturunkan dan dijabarkan lebih lanjut ke dalam 8 tujuan, 16 sasaran, 16 strategi, 45 arah kebijakan dengan 105 program prioritas serta 152 indikator program,” terang Wan Siswnadi.

Adapun isu strategis kabupaten Natuna masih menonjol di sektor kesehatan, pendidikan, pemerataan pembangunan sebagai daerah perbatasan, ekonomi kerakyatan, lingkungan hidup. “Yang terpenting lagi adalah, optimalisasi implementasi good governance dan peningkatan pendapatan asli daerah,” ungkapnya.

Selanjutnya, Wan Siswandi menekankan kepada seluruh OPD agar dapat melaksanakan sebaik-baiknya seluruh program pembangunan yang direncanakan lima tahun ke depan, agar visi-misi bupati dan wakil bupati Natuna dapat terlaksana dengan baik, menuju Natuna maju.

“Perlahan, misi itu dapat diwujudkan jika semua elemen yang tergabung dalam perumusan ini dapat melaksanakanya secara utuh dan tanggungjawab. Ini semua kita lakukan demi memajukan Kabupaten Natuna,” Pungkasnya. (*)

Reporter: Sholeh
editor: tunggul