Covid-19

Perkuat Pelacakan Kontak, Pemko Dapat Bantuan Bilik Pemeriksaan Sampel

Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid, memegang bilik pemeriksaan sampel untuk pengetesan Covid-19 dengan metode PCR. (Humas Pemko untuk Batam Pos)

batampos.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berkomitmen meningkatkan tracing atau pelacakan kontak pasien Covid-19 di wilayah ini. Tujuannya, agar dapat mencegah penyebaran kasus sekaligus memberikan perawatan yang tepat kepada warga yang terkonfirmasi Covoid-19.

Selain melalui Rapid Test (RT) Antigen, pelacakan kontak juga dilakukan melalui Polymerase Chain Reaction (PCR). Berkaitan dengan itu, PT Ciba Vision Batam, salah satu perusahaan di Batam, turut membantu pemerintah dengan menyerahkan bantuan berupa testing booth Covid-19 atau bilik pelindung pemeriksaan sampel PCR kepada Pemko Batam.

Bantuan tersebut diserahkan oleh HR Head PT Ciba Vision Batam, Prihtiono Sejati dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid.

Jefridin menyampaikan apresiasi kepada PT Ciba Vision Batam yang turut perduli mendukung Pemko Batam dalam penanganan Covid-19 di Kota Batam.

“Pemko Batam memang tidak bisa bekerja sendiri, karena itu, kami sangat memberikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung penanganan Covid-19,” kata Jefridin.

Saat ini, kata Sekda, Pemko Batam tengah menggencarkan pengecekan massal RT Antigen di beberapa puskesmas di Batam. Masyarakat juga dapat mendatangi puskesmas terdekat untuk mendapatkan layanan pengecekan Antigen tersebut.

Jefridin mengatakan, jumlah kasus Covid-19 di Kota Batam saat ini sudah menunjukan penurunan. Hingga Selasa (27/9/2021), jumlah warga yang dirawat akibat Covid-19 tinggal 42 orang.

Meski kasus menurun, Sekda mengingatkan masyarakat agar tak lengah dan mengabaikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

Itu sebabnya, pihaknya meminta agar semua masyarakat dapat menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Pesan serupa juga disampaikan kepada perusahaan-perusahaan maupun tempat usaha lainnya di Batam agar ketat mengawasi karyawannya melaksanakan protkes.

“Kemudian juga vaksinasi, Pemko Batam saat ini terus mempercepat vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Maka yang belum divaksin, segera datangi posko vaksinasi terdekat,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, pihaknya akan meningkatkan rasio jumlah warga yang dilacak. Sehingga, potensi penyebaran kasus dapat ditekan seminimal mungkin.

“Dari satu kasus, pelacakan akan dilakukan untuk 15 orang yang kontak,” sebutnya. (*)

Reporter : Ratna Irtatik
Editor : Jamil