Internasional

Adik Perempuan Kim Jong Un Diangkat Jadi Pejabat Tinggi Korea Utara

Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un diangkat menjadi pejabat Badan Tertinggi Negara. ( F KCNA)

batampos.id – Kim Yo Jong, Adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diangkat menjadi pejabat tinggi di negara itu, Kamis (30/9/2021). Dia menjadi pemimpin Badan Pemerintah Tertinggi Korea Utara.

Dilansir dari Agensi Berita Sentral Korea (KCNA), Yo Jong selama ini dipercaya menjadi penasihat kunci sang kakak, Kim Jong Un. Kemudian, dia dipromosikan menjabat di Komisi Urusan Negara (SAC) yang kemudian diangkat menjadi pejabat Pemerintah Tertinggi yang disetujui Majelis Rakyat Tertinggi.

Channel News Asia menulis, dalam proses pengangkatan Yo Jong, sebanyak sembilan anggota Komisi Urusan Negara di negeri itu diberentikan, termasuk wakil presidennya, Pak Pong Ju dan diplomat senior wanita Choe Son Hui. Padahal, Choe Son Hui dikenal sebagai juru kunci diplomasi yang mampu bernegosiasi dengan Amerika Serikat.

Hubungan Kim Yo Jong dan Kim Jong Un sangat dekat. Dia sering terlihat dalam sejumlah agenda penting kenegaraan termasuk dalam pertemuan dengan mantan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Selatan Moon Jae-in.

Peran politik Kim Yo Jong telah lama menjadi spekulasi, termasuk kemungkinan dia akan menggantikan Kim Jong Un di masa depan. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung