Internasional

Angela Merkel Beri Ucapan Selamat Kepada Olaf Scholz

Kanselir Jerman Angela Merkel memberi jempol kepada Olaf Scholz saat pertemuan usai Bundestagwahl 2021. ( F Michael Kappeler/dpa via Deutsche Welle)

batampos.id – Kanselir Jerman, Angela Merkel mengakui hasil Pemilu yang sudah berlangsung Minggu (26/9/2021) lalu. Berdasarkan hasil Badan Petugas Pemilihan Umum Jerman, partai SPD dengan calon kanselir Olaf Scholz dinyatakan menang Pemilu. Merkel pun memberi ucapan selamat kepada Olaf Scholz.

BACA JUGA:
Dua Perempuan Transgender Menang Pemilu di Jerman

“Selamat atas keberhasilan dalam pemilu,” demikian pernyataan Angela Merkel seperti rilis yang dikeluarkan Kantor Kekanseliran Jerman, Rabu (29/9/2021) waktu setempat.

Selain pernyataan tertulis, Merkel juga sudah mengucapkan selamat secara langsung terhadap Olaf Scholz. Scholz sendiri merupakan Menteri Keuangan sekaligus wakil Merkel di pemerintahannya saat ini.

Meski Scholz dinyatakan sebagai calon kanselir baru, tapi Merkel akan tetap bertugas di pemerintahan sampai penggantinya itu dilantik. “Kanselir akan tetap menjalankan tugas pemerintahan sampai pemerintahan federal yang baru mengambil alih,” ujar Juru Bicara Pemerintah Jerman, Steffen Seibert seperti dilansir dari AFP, Kamis (30/9/2021) malam.

Sementara itu, rekan separtai Merkel dari CDU yang juga calon kanselir Jerman, Armin Laschet juga memberi ucapan selamat terhadap Olaf Scholz. Namun lewat surat.

Sebelumnya, dilansir dari Reuters, Laschet mendapat kecaman karena tidak bereaksi seperti lumrahnya para pemimpin politik lain setelah pemilu, yaitu mengucapkan selamat kepada pemenang.

Hasil Pemilu Jerman 2021 ini dimenangkan SPD yang muncul sebagai partai terkuat dengan perolehan suara terbanyak di bundestag (parlemen), disusul CDU di posisi kedua.

Namun untuk mendapat mayoritas di parlemen, SPD perlu berkoalisi dengan dua partai politik lain, yaitu Partai Hijau dan FDP. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Tunggul Manurung