Ekonomi & Bisnis

Ericsson Percepat Layanan 5G di Pita Frekuensi Sedang

Ilustrasi layanan 5G. Ericsson mengembangkan AIR 3268 melalui kemitraannya dengan British Telecom untuk mengatasi tantangan 5G. f. MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

batampos.id – Ericsson baru saja meluncurkan portofolio terbaru Massive MIMO untuk radio dengan antena terintegrasi (Antenna-Integrated Radio/ AIR) 3268 yang diklaim sangat ringan. Hal ini dikatakan untuk memudahkan dan membuat penerapan 5G di pita frekuensi sedang menjadi lebih efisien di daerah perkotaan dan pinggiran kota yang padat penduduk.

Dengan berat 12 kg dan volume 23 liter, AIR 3268 disebut menjadi radio Massive MIMO paling ringan dan terkecil di industri telekomunikasi. Dengan daya keluaran 200 Watt, 32 transceiver, dan passive cooling, radio ini disebut mencapai sekitar 40% lebih ringan dari generasi sebelumnya, memudahkan pemasangan dan tidak terbatas hanya di menara dan atap, tetapi juga di tiang dan dinding.

Upaya ini dilakukan Ericsson untuk membantu mempercepat implementasi 5G di pita frekuensi sedang bagi penyedia layanan komunikasi yang ingin meningkatkan kapasitas, jangkauan, kecepatan, serta pengalaman seluler bagi pelanggan mereka.

Radio terbaru Ericsson ini juga digadang-gadang 10 persen lebih hemat energi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, menurunkan pemakaian daya tambahan saat meluncurkan 5G pada pita frekuensi sedang. Radio ini mendukung arsitektur Massive MIMO unik dari Ericsson dan kemampuan Uplink Booster, yang menghasilkan kinerja jaringan terdepan.

Ericsson mengembangkan AIR 3268 melalui kemitraannya dengan British Telecom (BT) untuk mengatasi tantangan 5G. Melalui pengembangannya, radio yang sangat ringan ini dirancang untuk kinerja 5G Massive MIMO di pita frekuensi sedang guna menghadirkan manfaat kemudahan dalam penerapan dan peningkatan efisiensi energi.

David Hammarwall, Head Product Line Radio, Ericsson, mengatakan pihaknya terus merevolusi Massive MIMO dengan radio sangat ringan, yang memungkinkan peningkatan site lebih mudah dan implementasi 5G di pita frekuensi sedang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“AIR 3268 memperluas pilihan untuk site radio, memungkinkan penyedia layanan untuk meningkatkan jaringan mereka, dan memberikan kecepatan 5G serta waktu tanggap lebih cepat. Radio ini juga hemat energi, hal ini penting bagi kami dan pelanggan kami,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

BACA JUGA: Penggunaan Media Streaming Radio untuk Pembelajaran Bahasa Inggris tingkat SMK di masa Pandemi COVID-19  

Jerry Soper, Head Ericsson Indonesia dalam kesempatan yang sama mengatakan, AIR 3268 sebagai alat radio terbaru yang sangat ringan di industri telekomunikasi akan membantu implementasi 5G di tanah air.

“Hal ini kembali membuktikan komitmen Ericsson untuk menyediakan solusi jaringan yang dapat diandalkan bagi pelanggan kami, terutama dengan keunggulan efisiensi energinya. Kami percaya bahwa solusi ini akan membantu mempermudah penerapan dan pemasangan 5G,” ujarnya.

Menurutnya, ketersediaan spektrum di seluruh pita frekuensi rendah, sedang, dan tinggi penting untuk mempercepat perjalanan 5G di Indonesia, yang membutuhkan kolaborasi kuat antara sektor publik dan swasta perlu dilakukan untuk memastikan penggunaan spektrum yang lebih efisien. (*)
“Di Ericsson, kami berkomitmen untuk menciptakan ekosistem 5G yang terus berkembang dan berkelanjutan, guna mendukung agenda transformasi digital pemerintah dalam meraih potensi penuh 5G di Indonesia,” sambung Jerry.
Dengan ukuran dan beratnya, AIR 3268 akan menyederhanakan peningkatan dan akuisisi site baru bahkan di tempat yang mungkin menantang. Radio baru ini juga mendukung bracket mini Ericsson, menghasilkan bobot lebih rendah dan pemasangan lebih mudah.
AIR 3268 bergabung dengan portofolio radio sangat ringan yang diluncurkan pada Februari tahun ini. Seperti radio Massive MIMO lainnya, radio ini dikatakan dirancang dengan Ericsson Silicon, memberikan perkiraan channel secara real-time dan beamforming sangat presisi yang meningkatkan jangkauan dan pengalaman pengguna.
Ericsson juga menawarkan solusi site optimal dengan transport terintegrasi untuk daerah perkotaan yang padat. Solusi ini merupakan bagian dari portofolio solusi transport dan site komprehensif yang dimiliki Ericsson. (*)

Reporter: JPG Group
Editor: Suprizal Tanjung