Bintan-Pinang

Kasus Covid mulai Rendah, Masyarakat Diimbau Jangan Lengah

Satgas covid-19 saat sosialisai prokes di Pasar Baru I Tanjungpinang, belum lama ini. F.Peri Irawan

batampos.id– Kasus harian covid-19 di Tanjungpinang kian terkendali. D alam satu pekan belakang penambahan kasus rata-rata di bawah 10 kasus setiap harinya.

Berdasarkan data satuan tugas (Satgas) covid-19 Kota Tanjungpinang, sejak Jumat (24/9) kemarin penambahan kasus baru hanya 7 kasus, Sabtu (25/9) 2 kasus, Minggu (26/9) 2 kasus, Senin (27/9) 1 kasus, Selasa (28/9) 7 kasus, Rabu (29/9) 6 kasus.

BACA JUGA: Covid-19 Melandai, Pengawasan Terhadap PMI di Penampungan Semakin Diperketat

Meski demikian, masyarakat Tanjungpinang diimbau untuk tetap waspada dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes)

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB) Kota Tanjungpinang, Sri Handono Suparmadi mengakui penambahan kasus covid-19 dalam satu pekan belakang cenderung rendah. “Iya betul, kasus baru di bawah 10 kasus setiap harinya,” kata Handono, Kamis (30/9).

Meski demikian, Handono mengimbau kepada masyarakat agar tidak lengah dengan kondisi itu, karena pihaknya tidak bisa memprediksi perkembangan kasus ke depannya, terlebih dengan adanya varian baru covid-19 warga dapat terpapar jika terlalu terlena dengan kondisi terkini.  “Jadi sambil melihat perkembangan kasus, kita harus tetap waspada,” imbaunya.

Sementara itu, kasus aktif di Tanjungpinang sekarang ini terus berkurang, hingga Rabu (29/9) kemarin tersisa 86 kasus, sebanyak 12 diantaranya menjalani perawatan di rumah sakit, 25 pasien menjalani karantina terpadu di Villa Lohas dan 49 orang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Untuk kasus kematian juga mulai menurun, sejak satu pekan belakang hampir tidak ada pasien terpapar yang meninggal dunia, hanya ada satu yang meninggal pada Sabtu (25/9) kemarin. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul