Kepri

FKPPI dan Masyarakat Nobar G30S PKI di Batam

FKPPI dan Masyarakat Nobar G30S PKI di Batam

batampos.id-Forum Komunikasi Putra Putri dan Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) gelar nonton bareng (Nobar) film dokumenter pengkhianatan G30S/PKI bersama warga di Kota Batam.

BACA JUGA: FKPPI Kepri Ajak Generasi Muda Nonton Film G 30 S PKI

Wakil Ketua Pengurus Daerah (PD) XXXI Keluarga Besar (KB) FKPPI Kepri Stefanus menjelaskan tujuannya menginisiasi penyelenggaraan Nobar G30S PKI untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya generasi penerus bangsa akan sejarah kelam yang pernah dilewati bangsa indonesia.

“Seperti yang kita ketahui bahwa peristiwa G30S PKI merupakan peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia. Dalam insiden ini merupakan usaha PKI (Partai Komunis Indonesia) untuk mengubur ideologi Pancasila menjadi ideologi Komunis,” kata Stefanus, Sabtu (2/10).

Dewan Penasehat FKPPI Rayon Sekupang itu menjelaskan Nobar itu juga dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober. Pancasila hakekatnya suatu jalan pikiran dan dasar falsafah hidup bangsa Indonesia.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sendiri merupakan kepribadian bangsa Indonesia yang ada sejak dahulu dan terus berkembang hingga saat ini,” ujarnya.

Lanjut Stefanus, terdapat beberapa perwira Angkatan Darat dan beberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta atau perebutan kekuasaan. Sehingga, pada masa pemerintahan Presiden Soeharto pada 1 Oktober 1965 ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

“Biasanya setiap tanggal 30 September masyarakat Indonesia umumnya akan menaikkan bendera setengah tiang untuk menghormati sejumlah perwira yang telah gugur dalam peristiwa tersebut,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu FKPPI sebagai organisasi kemasyarakatan bagian dari keluarga besar TNI-Polri akan selalu menggelorakan dan tidak akan berhenti untuk menggaungkan tentang kewaspadaan kekejaman, kelicikan dan pengkhianatan PKI pada masa lalu yang tetap hidup dan tumbuh melalui keturunan atau golongannya hingga saat ini.

“FKPPI besama Masyarakat akan terus menjaga dan memelihara Kehidupan berbangsa dan bernegara dengan Ideologi Pancasila,” tambahnya. (*)

 

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul