ubahlaku

Polsek Kawasan Pelabuhan gelar operasi yustisi untuk tekan penyebaran Covid-19

Polsek Kawasan Pelabuhan Batam saat razia prokes di pelabuhan

batampos.id– Polsek Kawasan Pelabuhan Batam menggelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (Prokes) untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Operasi Yustisi dilaksanakan rutin di seluruh pelabuhan dan pintu masuk Kota Batam.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Batam AKP Yusriadi Yusuf mengatakan, operasi yustisi ini akan dilakukan rutin setiap hari dengan sasaran lokasi yang kerap menimbulkan kerumunan, khususnya di wilayah pelabuhan.

“Hari ini kita laksanakan di empat lokasi berbeda yakni, Pelabuhan Roro Punggur, Pelabuhan Domestik Sekupang, Pelabuhan Internasional Batam Center, dan Pelabuhan Harbour Bay,” kata Yusuf, Jumat (1/10).

Dilanjutkannya, dalam operasi ini, Polsek Kawasan Pelabuhan Batam melibatkan, Ditpam OB, Petugas Karantina Kesehatan, Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas (KSOP) Khusus Batam dan pihak keamanan di setiap Pelabuhan.

Operasi Yustisi ini digelar dengan sasaran ditujukan kepada calon penumpang kapal, pekerja pelabuhan,  pengguna jasa pelabuhan, sopir taksi, dan para anak buah kapal (ABK) yang melanggar Protokol Kesehatan.

Yusuf menyampaikan Operasi Yustisi yang digelar tersebut adalah bertujuan mendisiplinkan masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan khususnya di wilayah Pelabuhan. “Kami memberikan teguran bagi masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker atau pun melanggar prokes lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu bila melihat data penyebaran Covid-19 di Kota Batam, terdapat penambahan empat kasus baru dan empat pasien sembuh sepanjang 24 jam terakhir. Sedangkan itu, tidak ada kasus meninggal. “Ya, ada penambahan empat kasus baru dan empat pasien sembuh yang dilaporkan sepanjang Jumat (1/10),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmardji.

Untuk kasus aktif sendiri saat ini berjumlah 31 orang. Dengan pembagian wilayah berdasarkan zona, lima zona kuning, enam zona hijau dan satu zona orange. Untuk zona orange masih dipegang oleh Batam Kota dengan jumlah kasus aktif yakni 11 orang.

Zona kuning ada Kecamatan Lubukbaja dengan delapan kasus aktif, Sekupang lima kasus aktif, Batuaji empat kasus, Sagulung dua kasus serta Seibeduk satu kasus. “Semrntara untuk wilayah lainnya nol kasus atau zona hijau. Kita tetap menghimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Didi. (*)

 

Reporter : Rengga Yuliandra
editor: tunggul