Karimun

Sudah 5.430 Warga Karimun Terpapar Covid-19

Salah seorang warga ketika melakukan vaksinasi di UPT Puskesmas Tanjung Balai KArimun,f,TRI HARYONO

batampos.id- Dinas Kesehatan Karimun, hingga akhir bulan September lalu melakukan rekapitulasi jumlah pasien yang terpapar positif Covid-19 mencapai 5.430 orang dengan kondisi status kabupaten Karimun saat ini dizona kuning. Dan, kemarin (Jumat-red) atau awal bulan Oktober yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah empat orang dan sembuh dua orang. Sedangkan, yang meninggal dunia tidak ada, serta yang aktif positif Covid-19 ada dua orang. ” Pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat ada empat orang yaitu di RSUD M Sani tiga orang dan di RSBT satu orang,” terang Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi, Jumat (1/10).

BACA JUGA:  Batam, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna, dan Anambas Zona Kuning, Hanya Tanjungpinang Berstatus Zona Oranye Covid

Sementara itu wilayah kecamatan saat ini sudah banyak yang dinyatakan zona hijau seperti di kecamatan Moro, Ungar, Durai, Belat, Buru, Kundur, Kundur Barat, Meral dan Meral Barat. Sedangkan yang masih dinyatakan zona kuning dimana masih ada ditemukan warga positif Covid-19. Ada tiga daerah yaitu kecamatan Karimun dua orang, Kundur Barat dan Tebing masing-masing satu orang. ” Walaupun saat ini kabupaten Karimun sudah PPKM level dua. Tetap, saya himbau kepada masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan,” himbaunya.

Sedangkan, untuk vaksinasi sendiri hingga akhir bulan September lalu mencapai 77,24 persen untuk dosis 1 dan dosis 2 sudah mencapai 50,84 persen. Kemudian, untuk usia 12-17 tahun dosis 1 sudah 87,41 persen dan dosis 2 baru 42,75 persen dengan jenis vaksin sunovac multi dose, aztra zeneca, moderna dan sinovac dua dosis.

” Alhamdulillah, untuk vaksinasi sudah cukup banyak kita. Dan, masih tersisa vaksin yang siap didistribusikan kepada masyarakat yang belum baik itu vaksin pertama maupun kedua,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala TU UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun Azmi saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya hingga sekarang masih melayani vaksinasi baik itu untuk dosis pertama maupun dosis kedua. Sehingga, masyarakat bisa melakukan vaksinasi di jam kerja mulai dari hari Senin hingga Sabtu. ” Cuman tidak banyak lagi yang melakukan vaksinasi. Untuk jenis vaksin ada semua disini,” ucapnya.(*)

Reporter : TRI HARYONO
Editor : tunggul