Covid-19

Dibantu Pihak Swasta, 81 Persen Warga Batam Sudah Divaksin Covid-19

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, saat meninjau vaksinasi Covid-19 yang diadakan PSMTI di Maha Vihara Duta Maitreya, Kota Batam, Sabtu (2/10/2021). (Humas Pemko untuk Batam Pos)

batampos.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengapresiasi kerja keras dan upaya semua pihak yang ikut bersama-sama untuk mempercepat penanganan Covid-19 di wilayah ini. Termasuk, menggelar vaksinasi Covid-19 di berbagai titik di Kota Batam untuk memudahkan masyarakat menjangkau vaksin tersebut. Sehingga, capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Batam juga cukup tinggi.

Yang terbaru, kegiatan vaksinasi yang diadakan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Kompleks Maha Vihara Duta Maitreya, Seipanas, Batam Kota, Sabtu (2/10/2021).

“Kita hidup pasti tidak akan bisa sendiri, karena itu kita semua perlu saling membantu dan bekerja sama,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, saat meninjau kegiatan vaksinasi tersebut, Sabtu (2/10/2021).

Rudi menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu Pemko Batam dalam menjalankan vaksinasi Covid-19. Tanpa ada dukungan masyarakat dan stakeholder atau para pengambil kebijakan yang ada, tentu akan sulit menyukseskan program vaksinasi.

“Kami hanya ingin memastikan bahwa program vaksinasi untuk masyarakat terus berjalan dengan baik,” ujarnya.

Seperti halnya dalam pelaksanaan vaksinasi di Kota Batam, pemerintah menyediakan vaksinnya, sedangkan pendistribusiannya kepada masyarakat banyak dibantu oleh pihak ketiga, baik itu swasta dan organisasi kemasyarakatan maupun Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan lainnya. Termasuk, yang diadakan PSMTI tersebut.

“Pemko Batam tidak akan bisa sendiri, karena itu dalam vaksinasi ini kita dibantu PSMTI,” kata Rudi.

Sementara itu, Ketua PSMTI Kepri, Eddy Hussy, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena diberikan kepercayaan Pemko Batam dalam menggelar vaksinasi untuk masyarakat. Menurutnya, dari hari ke hari pelaksanaannya berjalan lebih baik.

Awalnya, ia mengakui memang tidak mudah menggelar vaksinasi karena minat masyarakat masih sangat rendah. Namun, berkat kerja sama dan dukungan semua pihak, penyelenggaraan vaksin berjalan dengan baik.

“Waktu awal-awal tidak ada yang mau, saat itu vaksin AstraZeneca. Tapi kita bersyukur dengan pengalaman setiap hari saat ini sudah berjalan dengan baik,” kata Eddy.

Sebagai informasi, perkembangan realisasi data penerima vaksinasi Covid-19 di Kota Batam hingga Jum’at (1/10) lalu tercatat sebanyak 741.795 orang telah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama. Jumlah itu setara dengan 81,76 persen dari usia sasaran vaksinasi sebanyak 907.317 Orang. Sedangkan penerima vaksin Covid-19 dosis kedua 512.118 orang atau setara dengan 56,44 persen. (*)

Reporter : Ratna Irtatik
Editor : Jamil