Bintan-Pinang

Sah, Bintan, Satu-satunya Percontohan di Kepri Terapkan SIAK Terpusat

Sejumlah operator dan administrator data base dari kecamatan dan dinas di Kabupaten Bintan mengikuti bimbingan teknis baru-baru ini di Hotel Pelangi, Tanjungpinang. F.kiriman Disdukcapil Bintan

batampos.id– Setelah migrasi sistem yang dilakukan Tim Kemendagri, Disdukcapil Kabupaten Bintan sah menerapkan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) terpusat. Bahkan Disdukcapil Kabupaten Bintan menjadi satu-satunya percontohan SIAK terpusat di Provinsi Kepri.

BACA JUGA: Bintan, Satu-satunya di Kepri Terpilih Menjadi Pilot Project SIAK Terpusat

Kadisdukcapil Kabupaten Bintan, Ismail melalui Kasi Pendataan Penduduk sekaligus Plt Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Bintan, Budiana,
menyebut, sebanyak 50 kabupaten/kota di Indonesia ditunjuk langsung oleh Dirjendukcapil Kemendagri sebagai pilot project penerapan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) terpusat, termasuk Kabupaten Bintan.

“Disdukcapil Bintan menjadi satu-satunya percontohan SIAK terpusat di Kepri,” kata Budiana. Budiana mengatakan, akhir September lalu, pelayanan adminduk di Disdukcapil Bintan sempat dihentikan sementara karena migrasi dari Tim Kemendagri ke SIAK terpusat.

Namun sejak 30 September 2021, pelayanan adminduk di Disdukcapil Bintan sudah kembali normal. “Kita sudah jalankan (SIAK Terpusat). Alhamdulillah 30 September kemarin, layanan adminduk di Disdukcapil Bintan juga sudah mulai kembali normal,” katanya.

Sebelum ini, seluruh operator dan administrator data base dari kecamatan dan dinas di Kabupaten Bintan menerima bimbingan teknis (bimtek) pada 27 September 2021 di Hotel Pelangi, Tanjungpinang.

Selain bimtek, seluruh client yang ada baik di dinas dan kecamatan dipasang instalasi dan setting untuk menyesuaikan dengan sistem SIAK terpusat. Selain menerapkan sistem SIAK terpusat, Budiana mengatakan, Disdukcapil Bintan juga melakukan inovasi dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

“Pelayanan adminduk sekarang bisa diakses melalui layanan online sipanducapil. Bintankab.go.id,” katanya. Budiana juga mengimbau kepada masyarakat untuk tertib dalam hal adminduk dengan berperan aktif melaporkan perubahan elemen data adminduk, terlebih layanan adminduk sudah sistem online.

“Hal-hal penting yang berkaitan administrasi kependudukan baik diri sendiri serta keluarga, segera laporkan,” imbuhnya. (*)

Reporter: Slamet
editor: tunggul