Bintan-Pinang

Tersisa 53 Kasus Covid-19 Aktif, Tanjungpinang Masuk Zona Hijau

Pemko Tanjungpinang terus gesa vaksinasi warga untuk membentuk kekebalan kelompok. F. Peri Irawan

batampos.id– Kasus covid-19 di Tanjungpinang terus mereda, berdasarkan data satuan tugas (Satgas) hingga Sabtu (2/10) kemarin kasus aktif tersisa sebanyak 53 orang dengan rincian 8 orang dirawat di rumah sakit, 13 orang di Villa Lohas dan 32 orang menjalani isolasi mandiri.

BACA JUGA: Dibantu Pihak Swasta, 81 Persen Warga Batam Sudah Divaksin Covid-19

Penurunan yang signifikan terjadi pada Jumat (1/10) karena terdapat 37 pasien terpapar dinyatakan sembuh sementara pada hari yang sama hanya terjadi penambahan 2 kasus baru. Pada Sabtu (2/10) kembali sembuh sebanyak 13 orang namun saat bersamaan terdapat penambahan 9 kasus baru.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB) Kota Tanjungpinang, Elfiani Sandri menjelaskan saat ini rata-rata pasien yang dirawat di rumah sakit adalah pasien yang belum mendapat vaksinasi, berbeda dengan pasien isoman rata-rata sudah mendapatkan vaksinasi sehingga gejala lebih ringan.

“Untuk menjalani isoman juga diperhatikan, jika ada keluarga dan lingkungan sekitar yang padang maka akan dibawa ke Villa Lohas,” kata Sandri, Sabtu (2/10) .

Sementara itu, untuk kasus meninggal kata Sandri sudah masuk ke level hijau karena dalam satu pekan yang meninggal hanya dua orang, sementara jika jumlahnya di atas empat orang maka disebut zona kuning. “Kita sudah zona hijau, karena yang meninggal minggu kemarin tidak lebih dari dua orang,” ujarnya.

Sandri berpesan, kepada warga agar tidak lengah dengan menurunnya kasus covid-19 di Tanjungpinang saat ini, karena tidak dapat diprediksi dan dipastikan ke depannya, terlebih saat prokes mulai kendor besar kemungkinan kasus akan kembali meningkat. “Tetap gunakan masker dengan baik, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” imbaunya. (*)

Reporter : Peri Irawan
editor: tunggul