Ekonomi & Bisnis

Untuk Bekerja Hibrida Solusi Pencetakan Epson Terintegrasi

batampos.id – Semenjak pemerintah mulai mengeluarkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 yang terhitung sejak 24 Agustus lalu, beberapa sektor perkantoran non-esensial sudah mulai banyak yang memberlakukan kerja hibrida yaitu, bekerja di kantor dengan kapasitas 25 persen staf karyawan bekerja dan sisanya bekerja dari rumah. Adanya keputusan peraturan ini, masyarakat kembali didorong untuk beradaptasi kembali dari 100 persen bekerja di rumah kini sudah mulai bisa bekerja di kantor.

Dengan keputusan ini, tentunya pemerintah berharap bahwa masyarakat dapat kembali meningkatkan produktivitas dan operasional perkantoran di beberapa sektor non-esensial untuk memulihkan perekonomian nasional.

Dengan kembalinya operasional perusahaan, secara otomatis pekerjaan pekerjaan kantor seperti di antaranya tugas tugas pencetakan dokumen bisnis akan semakin banyak dilakukan. Hal ini, menjadi perhatian Epson untuk memberikan beberapa solusi yang mempertimbangkan kebutuhan para pelanggan melalui produk-produk dengan keunggulan seperti: konsumsi energi yang rendah, kemudahan penggunaan dan operasional, Heat-Free Technology (Teknologi Bebas-Panas), dan integrasi serta konektivitas yang mudah bagi pengguna mesin cetak

“Dengan tren bekerja hibrida yang sudah mulai banyak dilakukan di perkantoran saat ini, kami memahami bahwa kebutuhan pencetakan dokumen bisnis menjadi hal penting bagi perusahaan-perusahaan seperti di segmen korporasi, segmen pemerintahan dan juga segmen UMKM. Sehingga, Epson Indonesia melihat ini waktu yang tepat untuk memberikan solusi pencetakan terintegrasi dengan berbagai solusi berbentuk aplikasi, yang memungkinkan para karyawan dapat melakukan tugas cetak-mencetak dimanapun dan darimanapun mereka bekerja. Kemudian, solusi ini juga sekaligus ingin menciptakan pengalaman mencetak yang lebih sederhana dan mudah sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan,” kata Zanipar S A Siadari, Head of Visual Instrument & Printer Department Epson Indonesia.

Epson menghadirkan solusi pencetakan bisnis terintegrasi agar memudahkan para pengguna melakukan pencetakan dokumen dari mana saja. Dengan teknologi Inkjet memungkinkan pencetakan cepat dengan langkah yang lebih sedikit. Printer dapat langsung digunakan tanpa harus menunggu waktu pemanasan, lalu konsumsi energi (listrik) dan emisi CO2 yang hingga 85% lebih rendah serta penggantian suku cadang lebih rendah hingga 59%. Printer dengan teknologi Inkjet jauh lebih praktis dan menguntungkan dibandingkan dengan printer teknologi Laser yang lebih banyak membutuhkan proses lebih lama, biaya lebih besar, dan penggantian suku cadang yang lebih banyak.

Kemudahan Penggunaan
Epson memberikan kemudahan penggunaan dan pengoperasian yang sederhana dengan adanya Sistem Manajemen Inkjet Bisnis untuk tiga kategori yaitu: 1). Kategori pertama printer dan pemindai, dilengkapi dengan Epson Print Admin, Epson Open Platform, dan Epson Print Admin Serverless. 2). Kategor kedua manajemen dokumen, dilengkapi dengan Document Capture Pro Server. 3). Kategori ketiga manajemen fleet, dilengkapi dengan Epson Device Admin dan Epson Remote Service.

Fitur ini akan memudahkan operasional dan pemeliharaan bagi pengguna. Pengendalian dan pengoptimalan pencetakan bisnis ini dapat memangkas biaya serta mengurangi dampak terhadap lingkungan. Beberapa fitur keunggulan Epson Print Admin akan memberi keuntungan bagi pengguna untuk produktivitas dan efisiensi biaya, seperti: Evaluasi secara gratis – Demo untuk menampilkan fitur dan serta melakukan asesmen yang tepat untuk kebutuhan pengguna. Administrasi sederhana, aplikasi berbasis web yang mudah diakses dan digunakan.

Integrasi yang mudah, memungkinkan integrasi tanpa batas dengan infrastruktur Teknologi Informasi (TI) pada linggkungan kantor pengguna. Penggunaan Perangkat Secara Aman – Otentikasi Profil Pengguna melalui Kartu ID, kredensial masuk yang diketik atau kode PIN. Pencetakan, pemindaian & penggandaan yang aman.

Semua keunggulan fitur di atas memberikan beberapa keuntungan bagi para pengguna seperti:

BACA JUGA: PaperLab Epson yang Revolusioner

1). Meningkatkan Produktivitas mempercepat dan mempermudah pengguaan dengan personalisasi antarmuka pengguna, fitur ”Pindai & Kirim ke Saya”. 2). Mengurangi Sampah – Dokumen hanya dicetak setelah pekerjaan dirilis oleh pengguna pada mesin cetak sehingga menghilangkan pemborosan cetak, terutama bagi pemakai yang sering lupa dengan dokumen cetakan. 3) Mengedukasi Pengguna – Notifikasi yang dapat diatur untuk mengedukasi dan membatasi penggunaan berdasarkan kebutuhan cetak dari masing masing pengguna.

4). Kontrol dan Biaya Terpantau – Adanya aturan penghematan biaya berdasarkan pembatasan pencetakan serta sekaligus membuatkan laporan jumlah pencetakan per masing-masing pengguna, grup, atau departemen.

Business Inkjet juga didukung dengan Epson Print Admin (EPA) yang memungkinkan penghematan biaya dan efisiensi. Pengguna dapat dengan mudah mencetak dokumen mulai dari mengirim dokumen dari komputer ke server, dan dokumen cetak tersimpan di server dan menunggu untuk dirilis pencetakan dengan menggunakan otentikasi kartu identitas karyawan, PIN, dan atau kata kunci. (*)

Reporter: JPG Group
Editor: Suprizal Tanjung