Zetizen

Should I Confess My Feeling?

Batampos.id – UNGKAPAN cinta biasanya dilakukan cowok duluan. Eitss, nggak berarti cewek nggak boleh confess, ya. Apalagi kalau cowoknya nggak peka dan bikin kamu nunggu lama, it’s your time girls! Tapi, gimana kalau crush malah ilfeel dan ngejauh? Oke…oke…calm. Mari susun strategi. (elv/c12/lai)

Dengan mengenal siapa crush kamu, itu bisa digunakan untuk mengukur kemungkinan perasaanmu terbalas. Kamu juga akan punya cheat sheet tentang apa yang disukai dan nggak disukai doi. Jadi, kamu bisa menyesuaikan gimana menyatakannya biar doi merasa nyaman. Perhatikan pula kebiasaan kalian, kalau doi masih sering chat dan antusias ngobrol sama kamu, bisa jadi itu tanda baik!

Perasaan yang dipendam itu bikin nggak tenang! Bisa aja, doi naksir sama kamu, tapi nggak berani ngomong dan akhirnya tunggu-tungguan. Pokoknya jangan sampai kamu menyesal kehilangan doi karena nggak mengungkapkan perasaanmu, ya! Better mencoba daripada nggak sama sekali.

Banyak cara untuk menyatakan perasaan. Kamu bisa menyatakan langsung di depan doi. Eitts, hindari kalimat ’’kita perlu ngomong berdua’’ biar doi nggak tegang, hihi. Kalau kamu tipe pemalu, bisa pakai cara unik seperti bikin playlist lagu, flipbook, sampai bikin puisi atau lagu untuk doi. Tak ada salahnya siapkan sesuatu yang doi suka, siapa tahu doi bakal luluh sama perhatianmu!

Kasih kode ke doi! Kalau grogi, kamu bisa kasih kode lewat kontak mata atau bikin guyonan flirty untuk lihat respons dia. Kamu juga perlu menguatkan hati untuk kemungkinan terburuk. Intinya tetap percaya diri, tenang, dan jujur sama perasaan kamu.

Pastikan kamu memilih waktu yang tepat saat confess. Kalau kamu masih terjebak dalam kegalauan, bikin deadline untuk dirimu sendiri agar berani ambil keputusan. Makin lama mengulur waktu, kamu bakal makin overthinking dan berpikir yang aneh-aneh. Sesuaikan juga sama crush, kalau lihat mood doi lagi bagus, langsung gas deh!

Untuk kamu yang berniat confess secara langsung, coba cari tempat yang santai seperti kafe biar mood doi baik. Hindari tempat ramai agar tidak tegang, nanti doi juga nggak kedengaran suara kamu lagi, hehe. Kalau malu dan nggak pede ngomong langsung, kamu bisa menyatakannya lewat chat atau by call.

 

BUTUH keberanian besar untuk confess duluan. Rasanya campur aduk mikirin reaksi doi nantinya. Saking cemasnya, kadang terpikir untuk mundur dan memendam aja. Padahal, para cowok punya pandangan berbeda-beda ke cewek yang berani confess, lho. Daripada menebak-nebak, mending dengerin curhatan para cowok ini! (elv/c12/lai)

Salut sama Keberaniannya

’’Dulu waktu kelas II SMP, aku dapat pernyataan cinta dari teman sekelas. Dia mau pindah sekolah ke Jawa Barat karena kerjaan ayahnya. Pas banget sebelum dia pindah, kita sekelas mau liburan bareng, jadi makin kerasa kode-kodeannya, hehe. Akhirnya dia nyatain lewat chat setelah liburan. Honestly, waktu nolak, aku ngerasa jahat karena lagi ngejar yang lain. Tapi, aku apresiasi banget keberaniannya karena menurutku mending diutarakan daripada dipendam, terus menyesal.”

Pengakuan Berujung Kisah Manis

’’Aku memang udah dekat sama dia dari SMP sekitar tiga tahunan. Kebetulan dia anak DBL, jadi waktu itu habis main, dia suruh aku tunggu di tangga. Dia datang bawa kopi yang ada tulisan ’’gf?”, awalnya aku nggak ngeh, tapi setelah mikir lagi, baru ngerti artinya. Karena waktu itu aku masih bingung, dia kasih waktu buat mikir dan kasih jersey dia untuk dipakai besoknya kalau aku terima. Besoknya aku pakai jersey sambil support dia.”

Canggung setelah Menolak

’’Dia teman satu organisasi dan berada di satu divisi yang isinya cuman kita berdua. Waktu itu dia bilangnya lewat WA dan aku tolak karena nggak punya perasaan ke dia. Setelah itu, jadi nggak enak dan canggung banget kalau ada tugas divisi bareng. Apalagi dia itu disukai sama temenku, jadi aku dikira nikung. Untung waktu udah purna, kita balik seperti temanan biasanya.’’

 

“Katakan Saja Cinta”

Reporter : Siti Nuranisah
Editor : Agnes Dhamayanti

Tidak semua cewek bisa menyatakan atau mengakui perasaannya. Butuh keberanian yang luar biasa. Karena tidak pantas aja. Tapi kalau semakin lama, takut kalau tiba-tiba si doi akan menjauh. nah, bagaimana sih tips jitu dalam menyatakan cinta versi cewek? Yuk Simak!

F. Dok Pribadi

Ema Afriyani
UIN Walisongo Semarang
@e.maaf

Menyatakan perasaan itu kan enggak harus langsung pakai kata-kata. Yang pertama kita lakukan itu, harus lebih sering berkomunikasi terlebih dahulu. Dan hal-hal yang diomongin itu adalah sesuatu yang buat dia nyaman sama kita. Terus kasih perhatian-perhatian kecil. Dan jangan pernah abaikan dia kalau lagi sama-sama. (*)

F. Dok Pribadi

Nabilla Syifa Nur Afifah
Smkn 8 Batam
@ns.nurafifah

Cukup menarik dalam hal menyatakan cinta. Yang dimana biasanya cowok yang menyatakan. Cukup asing bila wanita duluan yang mengakui. Tapi hal itu juga tidak salah, karena emang wanita butuh kepastian. Bukan tips, tapi mungkin bisa kita lakukan pelan-pelan.

Cobalah untuk mengutarakan isi hati, curhat kepada doi tentang hati, dan bisa juga bercanda dengan gombalan. Siapa tau, si doi jadi peka?. Ya kalau ada keberanian lebih, bisa langsung bilang kalau kita suka sama si doi, diterima atau ditolaknya ya urusan belakang, setidaknya udah usaha menyatakan cinta bukan?. (*)

Salwa Ardhana
Politeknik Negeri Batam
@salwardhna_

Pada hakikatnya, perempuan sama lelaki itu sama. Sama-sama manusia dan sama-sama punya hak untuk mengungapkan perasaan. Jika memang sudah lelah memendam, ga salah kok buat confess.

Asalkan sudah mempersiapkan diri untuk menerima kenyataan. Kenyataan bahwa diam-diam dia juga memendam rasa yang sama atau diam-diam dia mencintai orang lain. Sakit sih kalau kenyataannya dia cinta sama orang lain. Tapi ga ada salah nya buat confess, biar ga nyesal kan ya. Tips dari saya ya kalau mau menyatakan cinta, jangan pernah memaksa “dia” buat cinta balik ke kita.

Ingat, semua orang berhak jatuh cinta dengan siapapun. Jangan memaksa apalagi sampai menjadi asing. Dan yang paling penting, ga terlalu sedih kalau kenyataannya dia cinta sama yang lain, yang penting kita lega karna udah ga mendam lagi. U deserve better girls!!!. (*)